Di puncak kekuasaan Monarki Inggris, sekelompok orang terpilih meninggalkan agama Kristen dan masuk Islam. Ini adalah kisah dari tiga perintis, yang menentang norma-norma Victoria pada saat kekristenan menjadi landasan identitas Inggris.
Abdullah Quilliam
Pengacara William Henry Quilliam menjadi tertarik pada Islam setelah melihat orang-orang Muslim shalat di kapal feri dalam perjalanannya melewati Mediterania menuju Maroko pada 1887.
“Mereka sama sekali tidak terganggu oleh kekuatan angin kencang atau goyangan kapal. Saya sangat tersentuh dengan raut wajah dan ekspresi mereka, yang menunjukkan kepercayaan dan ketulusan penuh,” kenangnya.
Setelah mempelajari Islam selama tinggal di Tangiers, Quilliam yang berusia 31 tahun saat itu menjadi seorang Muslim. Ia menggambarkan keyakinan barunya sebagai “masuk akal dan logis dan, secara pribadi, saya merasa itu tidak bertentangan dengan keyakinan saya”.
Meskipun Islam tidak mewajibkan mualaf untuk mengganti nama mereka, tetapi Quilliam mengganti namanya dengan Abdullah.
Sekembalinya ke Inggris pada 1887, dia menjadi seorang dai, konon dia memiliki perang penting atas masuk Islamnya sekitar 600 orang di seluruh Inggris.
Dia juga mendirikan masjid pertama di negara itu pada tahun yang sama di Liverpool – kota yang pada masa itu dianggap oleh banyak orang sebagai “kota kedua Kerajaan Inggris”.
Ratu Victoria yang memerintah lebih banyak Muslim daripada Kesultanan Utsmaniyah Turki, termasuk di antara mereka yang memesan bukunya yang berjudul “Faith of Islam”, yang merangkum tentang Islam dan diterjemahkan ke dalam 13 bahasa.
Ratu dikatakan telah memesan enam eksemplar lagi untuk keluarganya. Namun kemauannya untuk belajar tidak selalu diimbangi oleh masyarakat luas yang menganggap Islam sebagai agama kekerasan.
Pada 1894, sultan Utsmaniyah – dengan persetujuan Ratu – menunjuk Quilliam sebagai Syeikh al-Islam dari Kepulauan Inggris, sebuah gelar yang mencerminkan kepemimpinannya dalam komunitas Muslim.
Terlepas dari pengakuan resmi, banyak mualaf Liverpool menghadapi kebencian dan pelecehan atas keyakinan mereka, termasuk diserang dengan batu bata, jeroan hewan, dan kotoran kuda.
Quilliam percaya para penyerang telah “dicuci otak dan dituntun untuk percaya bahwa kami adalah orang jahat”.
Dia dikenal secara lokal karena pekerjaannya dengan orang yang kurang mampu – menganjurkan serikat pekerja dan reformasi hukum perceraian – tetapi karir hukumnya hancur ketika dia mencoba membantu klien wanita yang ingin bercerai. Sebuah perangkap dipasang untuk sang suami yang diduga berzina – praktik yang tidak biasa pada saat itu – tetapi upaya itu gagal dan karir Quilliam menjadi tumbalnya.
Quilliam akhirnya meninggalkan Liverpool pada 1908 untuk meminimalkan dampak skandal itu terhadap komunitas Muslim. Dia muncul kembali di selatan sebagai Henri de Leon, meski banyak yang tahu siapa dia, menurut Prof Ron Geaves, yang telah menulis buku tentang Quilliam.
Meskipun profilnya berkurang, ia terlibat dengan masjid tertua kedua di negara itu, yang dibangun di Woking pada 1889. Ia dimakamkan di kota Surrey setelah kematiannya pada tahun 1932.
Masjid Liverpool menyandang namanya hingga hari ini.
Lady Evelyn Cobbold
Tidak jarang masyarakat kelas atas terpesona oleh Islam, sering kali terinspirasi oleh perjalanan di negeri Muslim.
Dari keluarga aristokrat, Lady Evelyn Murray kelahiran Edinburgh menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Skotlandia dan Afrika utara.
“Di sana, saya belajar berbicara bahasa Arab dan saya seringkali melarikan diri dari pengasuh saya dan mengunjungi masjid bersama teman-teman Aljazair saya, dan secara tidak sadar saya adalah seorang Muslim kecil,” tulisnya.
Di tanah leluhurnya di Dunmore Park, dia unggul dalam berburu rusa dan memancing ikan salmon.
Ayah penjelajahnya, Earl of Dunmore ke-7, sering pergi ke berbagai tujuan termasuk Cina dan Kanada. Ibunya, yang kemudian menjadi dayang Ratu Victoria, juga seorang yang gemar berpetualang.
Lady Evelyn mewarisi gen berkelana orang tuanya dan di Kairo tempat dia bertemu dan menikah dengan suaminya John Cobbold – seorang pengusaha yang merupakan bagian dari dinasti pabrik pembuatan bir yang menjalankan Ipswich Town FC.
Tidak persis diketahui kapan Lady Evelyn masuk Islam. Benih itu mungkin telah ditaburkan oleh perjalanan masa kecilnya, tetapi iman Lady Evelyn tampaknya diperkuat setelah liburan di Roma, di mana dia bertemu dengan Paus.
“Ketika Yang Mulia tiba-tiba menyapa saya, menanyakan apakah saya seorang Katolik, saya terkejut sesaat dan kemudian menjawab bahwa saya seorang Muslim,” tulisnya kemudian.
“Apa yang merasuki saya, saya tidak tau mengapa tiba-tiba berkata demikian, saya sudah tidak memikirkan Islam selama bertahun-tahun. Ini seperti sebuah korek api dinyalakan dan saya kemudian memutuskan untuk membaca dan mempelajari iman.”
Aspek spiritual agamalah yang menarik banyak pemeluk baru, menurut sejarawan William Facey, yang menulis kata pengantar untuk memoar Lady Evelyn.
Dia mengatakan mereka mengikuti “kepercayaan bahwa semua agama besar berbagi kesatuan transenden … di balik detail doktrin dangkal yang memisahkan mereka”.
Di Timur Tengah, Lady Evelyn – disebut sebagai “Lady Zainab” oleh teman-teman Arabnya – sering kali memiliki akses ke area khusus wanita dan menulis tentang “pengaruh wanita yang mendominasi” dalam budaya Muslim.
Pada usia 65 tahun, dia menunaikan haji ke Makkah – wanita Inggris pertama yang tercatat melaksanakan rukun Islam ke-5 tersebut. Perjalanan ini menjadi pengalaman spiritual paling berkesan dalam hidup Lady Evelyn. Pengalaman hajinya kemudian diterbitkan dalam sebuah buku berjudul Pilgrimage to Mecca.
Sedikit yang diketahui tentang hidupnya setelah itu selain dia melakukan perjalanan untuk waktu yang singkat di Kenya. Dia meninggal di sebuah panti jompo Inverness pada 1963 pada usia 95 tahun, setelah mewasiatkan agar pemain bagpiper bermain di pemakamannya dan Surah An Nur ditorehkan di batu nisannya.
“Saya sering ditanya kapan dan mengapa saya menjadi seorang Muslim,” tulisnya dalam memoarnya.
“Saya hanya bisa menjawab bahwa saya tidak tahu waktu yang tepat ketika kebenaran Islam muncul dalam diri saya. Sepertinya saya selalu menjadi seorang Muslim.”
Robert Stanley
Narasi sejarah Muslim zaman Victoria biasanya didominasi oleh orang-orang dari kalangan atas yang kisahnya lebih terpelihara.
“Menyimpan dokumen tertulis, seperti buku harian, umumnya lebih merupakan tanda kelas menengah”, kata Christina Longden, yang baru mengetahui leluhurnya menjadi Muslim setelah ayahnya meneliti silsilah keluarga mereka.
Robert Stanley seorang pemilik toko kelontong sederhana menjadi walikota Konservatif Stalybridge – sebuah kota pabrik dekat Manchester – pada 1870-an.
Menurut Ms Longden, yang telah menulis buku tentang leluhurnya tersebut, dia juga seorang hakim yang menyiapkan dana untuk pekerja yang dipecat karena tidak memberikan suara sesuai dengan pandangan atasan mereka.
Dia juga menemukan bahwa Stanley secara teratur menulis tentang kolonialisme Inggris di buletin masjid Liverpool Quilliam.
Stanley bertemu Quilliam pada akhir 1890-an setelah dia pensiun dari karir politiknya, dan mereka menjadi teman dekat.
“Robert 28 tahun lebih tua dari Quilliam jadi saya pikir mungkin ada sedikit hubungan ayah-anak di sana,” kata Ms Longden.
Namun, baru pada usia 70 tahun, pada 1898, Stanley menjadi seorang Muslim dan mengadopsi nama Reschid.
Ms Longden percaya dari penelitiannya bahwa “tidak ada Muslim lain” di Stalybridge pada saat itu. Stanley kemudian pindah ke Manchester dan meninggal pada 1911.
Masuk Islamnya Stanley dirahasiakan oleh keturunan langsungnya dan baru ditemukan oleh Longdens pada 1998.
“Cucu perempuan Quilliam mengatakan ini adalah ‘zaman di mana, jika Anda tidak menyesuaikan diri, foto Anda akan dipajang selamanya’,” kata Ms Longden.
Secara kebetulan, saudara laki-laki Ms Longden, Steven, menjadi seorang Muslim pada 1991 setelah belajar di Mesir sebagai bagian dari gelar universitasnya – tujuh tahun sebelum mengetahui tentang Stanley. Ketika dia mendengar tentang leluhurnya yang masuk Islam, dia sangat terkejut, dalam artian baik.
“Faktanya ada seorang pria yang memilih menjadi Muslim pada saat Anda tidak mungkin membayangkan seseorang akan melakukan sesuatu yang sangat tidak ortodoks dan itu dilakukan di Manchester.”
“Orang-orang tidak takut untuk berdiri dan mengatakan apa yang mereka yakini, baik secara politik maupun agama.”
[ARRAHMAH]