Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Segala puji syukur hanya kepada Allah SWT, shalawat dan salam semoga tercurah kepada Rasulullah Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya, dan para pengikutnya yang menegakkan Kitabullah dan Sunnah sampai akhir zaman, amma ba’du..
Ustadz Sarwat yang dimuliakan Allah SWT,
Ada kebingungan yang saya belum bisa pikirkan jawabannya belakangan ini. Rasulullah SAW melarang penulisan Hadits yang merupakan dasar hukum ke 2 setelah Al-Qur’an yang berbunyi:
تكتبوا عني شيئا سوى القرآن من كتب شيئا سوى القرآن فليمحه
حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا شعيب بن حرب قال أنا همام قال أنا زيد بن أسلم عن عطاء بن يسار عن أبي سعيد قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم لا تكتبوا عني شيئا فمن كتب عني شيئا فليمحه
حدثنا عبد الله حدثني أبي حدثني إسحاق بن عيسى ثنا عبد الرحمن بن زيد عن أبيه عن عطاء بن يسار عن أبي هريرة قال كنا قعودا نكتب ما نسمع من النبي صلى الله عليه وسلم فخرج علينا فقال ما هذا تكتبون فقلنا ما نسمع منك فقال أكتاب مع كتاب الله فقلنا ما نسمع فقال اكتبوا كتاب الله امحضوا كتاب الله أكتاب غير كتاب الله امحضوا كتاب الله أو خلصوه قال فجمعنا ما كتبنا في صعيد واحد ثم أحرقناه بالنار قلنا أي رسول الله أنتحدث عنك قال نعم تحدثوا عنى ولا حرج ومن كذب على متعمدا فليتبوأ مقعده من النار قال فقلنا يا رسول الله أنتحدث عن بنى إسرائيل قال نعم تحدثوا عن بني إسرائيل ولا حرج فإنكم لا تحدثون عنهم بشيء الا وقد كان فيهم أعجب منه
Rasulullah saw melarang penulisan al-Hadits sebagaimana hadits dari Abu Sa’id al-Khudri Dari Abu Sa’id Al-Khudri, sesungguhnya Rasulullah saw bersabda, "Janganlah kalian semua menulis dariku, barang siapa menulis dariku selain al-Quran maka hendaklah menghapusnya" (Shahih Muslim Juz II, hal 710, Musnad Ahmad Juz III, hal 12 dan 21)
Yang mau saya tanyakan:
1. Apakah penulisan Hadits adalah sebuah bid’ah apa bukan? Menurut hadits di atas, harus bagaimanakah kita?
2. Sejarah penulisan Hadits secara ringkas?
Syukron jazakumullah khairan.
Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Sekurang-kurangnya ada tiga teks hadits yang esensi melarang para shahabat untuk menuliskan teks hadits. Masing-masing diriwayatkan oleh Abu Said Al-Khudhri, Abu Hurairah dan Zaid bin Tsabit. Dari ketiganya, hanya satu yang bisa dipertanggung-jawabkan keshahihannya dari segi riwayat. Yaitu yang berasal dari riwayat Abu Said Al-Khudhri. Sisanya diklaim sebagai hadits tidak shahih oleh para ulama hadits. (Lihat buku Studies in Hadith Methodology and Literature oleh Muhammad Mustafa ‘Azami, MA., PH.D. 1977)
Seandainya kita menggunakan metode tekstual dalam memahami setiap hadits, tanpa melihat ke banyak sisi lainnya, maka akan semakin rancu saja ajaran Islam. Sebab begitu banyak dalil yang secara zahir bertentangan 180 derajat dengan dalil lainnya, meski sama-sama shahih.
Untunglah kita punya ilmu fiqih dan metodologi istimbath hukum, sehingga semua dalil yang saling berbeda dan membingungkan itu bisa ditemukan duduk persoalannya.
Kita tidak boleh membaca sebuah dalil saja dari sekian juta dalil yang ada. Semua dalil harus dikumpulkan lalu dikomparasikan. Untuk kemudian diambil kesimpulan hukumnya. Dan itulah guna belajar ilmu fiqih kepada para ulama syariah. Tanpa ilmu fiqih, akan banyak orang yang tersesat di jalan yang benar.
Dan ternyata di seberang satu hadits shahih yang melarang penulisan hadits, ada 8 hadits shahih lainnya yang justru menegaskan adanya penulisan hadits di masa hidup Rasulullah SAW. Bahkan bukan hanya membolehkan, sebagian dari hadits-hadits itu malah memerintahkan penulisan hadits.
Antara lain pada saat peristiwa Fathu Makkah, Rasulullah SAW berpidato di hadapan ribuan shahabat. Saat itu ada seorang yang bernama Abu Syah minta kepada beliau SAW untuk menuliskan isi pidato beliau, maka beliau SAW menjawab, "Tuliskan untuk Abu Syah." (Lihat Jami’ Bayan Al-Ilmi wa Fadhlihi oleh Ibnu Abdil Barr jilid 1 halaman 84)
Kontroversi Dua Dalil
Hadits-hadits di atas tentu akan membuat kita yang awam semakin bingung. Satu hadits melarang penulisan hadits, tapi ada hadits lainnya yang memerintahkannya.
Untuk itu para ulama membuat metode penggabungan antara dua hadits yang berbeda dengan istilah tariqatul jam’i.
Oleh para ulama, hadits yang melarang penulisan hadits berlaku dalam konteks agar jangan sampai para shahabat bercampur-campur dalam menulis ayat dan hadits. Untuk memastikan agar tidak terjadi percampuran itu, maka dibuat ketentuan bahwa secara umum, para shahabat diminta untuk tidak menuliskan hadits.
Namun aturan itu tidak berlaku untuk sebagian shahabat yang dikenal sudah mahir dalam menulis dan piawai dalam mengandministrasikan tulisan-tulisannya. Sehingga tidak dikhawatirkan akan tercampur-campur antara keduanya.
Bukti bahwa hadits sudah ditulis di masa shahabat adalah pengakuan Abu Hurairah ra. tentang jumlah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar ra. Abu Hurairah ra. mengatakan bahwa jumlah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar ra. lebih banyak dari yang diriwayatkan oleh dirinya. Sebabnya karena Ibnu Umar ra. adalah shahabat yang pandai menulis hadits.
Selain itu yang juga dikenal punya catatan hadits adalah Abdullah bin Umar bin Al-Ash. Catatan hadits beliau sangat termasyhur dan dikenal dengan nama Ash-Shahifah Ash-Shadiqah.
Bukti lainnya lagi bahwa hadits sudah ditulis di masa nabi SAW adalah adanya ratusan surat dari beliau SAW. Sebagian dikirim ke sekian banyak raja dunia untuk mengajak mereka masuk Islam, sebagiannya lagi berisi petunjuk urusan agama. Semua surat nabi SAW termasuk ke dalam kategori hadits juga.
Klaim bahwa hadits nabi SAW dilarang untuk ditulis di masa beliau masih hidup, seringkali digunakan oleh para orientalis untuk menuduh bahwa hadits-hadits nabi itu banyak yang palsu, karena ditulis pada abad ketiga hijriyah. Beberapa gelintir umat Islam yang awam seringkali terkecoh dengan tuduhan para orientalis ini, sehingga ikut-ikutan pendapat mereka.
Wallahu a’lam bishshawab, wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Ahmad Sarwat, Lc.