Zona Bebas Apartheid, Kota di Brazil Putuskan Semua Hubungan dengan Israel

Eramuslim.com – Edmilson Rodrigues Walikota Belem, sebuah kota pelabuhan di Brasil, mendeklarasikan kotanya sebagai Zona Bebas Apartheid dengan mengecam keras “pengusiran bangsa dari wilayah leluhur mereka, sebuah apartheid sejati.

Dilaporkan gerakan Boikot, Divestasi dan Sanksi (BDS), Belem merupakan ibu kota negara bagian Para di Amazonas. Kota itu memiliki sejarah menyatukan masyarakat adat dan masyarakat lainnya dalam memperjuangkan keadilan dan membangun solidaritas.

Keputusan walikota Belem, mengikuti keputusan walikota Barcelona, Spanyol, untuk menangguhkan hubungan institusional dengan apartheid Israel dan mengakhiri hubungan dengan Tel Aviv.

Langkah serupa juga dilakukan oleh dewan kota Liège di Belgia yang memutuskan hubungan dengan apartheid Israel dan oleh dewan kota Oslo di Norwegia untuk dikecualikan dari perusahaan pengadaan publik yang secara langsung atau tidak langsung berkontribusi pada perusahaan pemukiman ilegal Israel.

Komite Nasional BDS Palestina (BNC) memuji langkah walikota Belem dan menyerukan kota-kota lain di seluruh dunia untuk mengikutinya.

(Hidayatullah)

Beri Komentar