Zaytuna College, Kampus Muslim Pertama Yang Dapat Akreditasi Pemerintah AS

zaytuna collegeEramuslim – Sebuah Perguruan Tinggi Islam yang berada di kota California akhirnya diakui secara resmi oleh Lembaga Akreditasi Pendidikan Tinggi Amerika Serikat “WASC”, dalam pengumuman lembaga pendidikan AS pada hari Rabu (11/03).

Dalam pernyataan rektor Zaytuna College, Hamza Yusuf, mengatakan “Hari ini pemerintah AS telah mengakui secara resmi Zaytuna College sesuai dengan cita-cita dan visi pendirian universitas.”

“Akreditasi menunjukan bahwa Zaytuna College berhasil dalam menyusun kurikulum mahasiswa yang sesuai dengan tradisi ilmiah Islam dan Barat,” Hamza Yusuf dalam sambutannya.

Perlu diketahui bahwa akreditasi ini menjadikan Zaytuna College menjadi perguruan tinggi swasta yang berada di Bekeley, California, sebagai perguruan tinggi Islam pertama di AS yang diakui secara resmi oleh pemerintah.

Dalam surat pemberian akreditasi, WASC memuji bahwa Zaytuna merupakan lembaga pendidikan yang berkualitas tinggi sehingga dapat menjadi contoh dalam tradisi keilmuan Barat dan Islam.

Didirikan pertama kali pada tahun 2010 lalu, Zaytuna College memulai aktifitas belajar mengajarnya pada bulan September ditahun yang sama dengan membuka langsung 3 jurusan secara bersamaan yaitu Fakultas Hukum Islam, Fakultas Bahasa Arab, dan Fakultas Teologi. (Rassd/Ram)