Yusuf Islam Tulis Lagu Untuk Muslim Srebrenica

yusuf islamEramuslim.com – Yusuf Islam, rocker Inggris yang pernah populer dengan nama Cat Stevens, menulis sepotong melodi indah untuk menghormati korban Pembantaian Srebrenica. Situs worldbulletin memberitakan Yusuf Islam menggubah melodi itu menjadi lagu instrumentalia dengan judul Remembering Srebrenica, merekam, dan mempopulerkannya di situs media sosial.

“Melodi itu menghantui pikiran saya, setelah saya meninggalkan lokasi pembantaian itu dengan mulut terkunci,” tulis Yusuf Islam kepada yayasan amal Remembering Srebrenica.

Yusuf Islam mengatakan tergerak menulis lagu itu setelah mendengar penderitaan keluarga korban kebiadaban serdadu Serbia-Bosnia pada Perang Bosnia 1992-1995. Ia tidak menulis lirik untuk lagu itu. Ia ingin musik yang menyampaikan kesedihan batin keluarga 8.372 korban pembantaian itu.

“Siapa pun yang melihat dan mendengar tentang Srebrenica tidak bisa melakukan apa-apa kecuali bergerak,” kata Yusuf Islam, yang populer dengan lagu Morning Has Broken dan Peace Train.

Pembantaian Srebrenica terjadi 11 Juli 1995, setelah wilayah aman di bawah kendali pasukan PBB asal Belanda jatuh ke tangan pasukan Serbia-Bosnia. Pada hari pertama dua ribu Muslim Bosnia terbantai, dan 2000 pasukan Belanda hanya menonton.

Dunia juga diam ketika pasukan Serbia-Bosnia mengejar 6.000 Muslim Bosnia yang lari ke hutan-hutan dan membantainya. Sampai saat ini rasa sakit akibat pembantaian itu masih dirasakan. Terlebih, warga Serbia dan Bosnia benar-benar tidak bisa hidup berdampingan di dalam negara bernama Republik Federasi Bosnia.

Pada peringatan dua dekade Pembantaian Srebrenica, sejumlah pemimpin Eropa hadir. Federica Mogherini, untusan khusus Uni Eropa, mengatakan Eropa seharusnya malu dengan pembantaian paling biadab sejak usai Perang Dunia II.

“Eropa mengkhianati nasehat pendahulunya agar tidak ada lagi perang di Eropa, dan tidak ada lagi pembantaian atas nama ras,” ujar Mogherini. (rz)