Yaman : Iran Negara Di Balik Pemasok Senjata Kepada Milisi Syiah Houthi

YEMEN-POLITICS-UNREST-SHIITESeorang sumber terpercaya pemerintahan Sana’a mengungkapkan bahwa milisi Syiah Yaman berhasil memperoleh berbagai senjata berat dan ringan melalui pelabuhan MIDI dan Hodeidah di laut merah.

Sumber tersebut menyakini bahwa Iran menjadi negara utama yang memasok senjata kepada kelompok Syiah Houthi, Anshar Allah, untuk membantu mereka menduduki ibukota Sana’a pada akhir Oktober lalu.

Ia menambahkan bahwa selain kedua pelabuhan tersebut, Iran juga memasok senjata melalui pantai wisata Nectarine Coast di tepian Laut Merah.

Sementara itu menanggapi mudahnya ibukota Sana’a dikuasai oleh pihak milisi Syiah bersenjata, sumber tersebut menekankan bahwa ini tidak terlepas dari adanya semacam gerakan konspirasi dalam kubu militer Yaman, antara sisi dari rezim militer mantan Presiden Ali Abdullah Saleh dengan milisi Syiah Houthi.

Perlu dicatat bahwa gerakan protes massal meningkat di beberapa kota Yaman, menuntut pemerintah menghentikan penyebaran milisi Syiah Houhti bersenjata dan mengembalikan tugas keamanan kepada tentara militer Yaman. (Alarabiya/Ram)