Washington Post: Bantu Perangi Kaum Sunni, Iran Kirimkan Paket Senjata Ke Irak

AS-IranSurat kabar Washington Post mengungkap adanya pengiriman senjata dan peralatan militer secara rahasia oleh pemerintah Iran kepada pemerintah Baghdad sebagai upaya untuk membantu memerangi kelompok milisi Sunni bersenjata Irak, seperti dikutip dari pejabat penting AS.

Dalam terbitan artikel berita hari Rabu (25/06) kemarin, Washington Post menyatakan bahwa Iran telah bertindak secara rahasia mengirimkan paket bantuan kepada pasukan pemerintah Irak.

Sementara itu surat kabar New York Times menyatakan adanya perpecahan di tubuh Kementerian Luar Negeri Iran mengenai kerjasama AS-Iran dalam waktu tertentu, terlebih kiprah Jenderal Qassem Soleimani yang menjadi penggerak utama milisi Syiah Irak yang dipimpin dan dilatih oleh Iran untuk menyerang pasukan AS.

Sementara itu seorang pejabat senior di Departemen Luar Negeri AS mengatakan “Iran memiliki pusat-pusat komando yang berbeda di Irak, mereka saling mengirimkan pesan dan memantau kondisi disana.”

Sementara itu pejabat AS lainnya mengatakan “Iran telah mendirikan pusat kontrol khusus di Bandara Rasheed Baghdad, mereka menyebarkan armada kecil pesawat Model “Ababil” di semua bagian Irak.” (Dostor/Ram)