Warga Irak lakukan Mogok Massal Sebagai Protes Terhadap Penghinaan Sahabat Nabi Muhammad

ea8af97cb8cfd46ce2bb6c0af8eccee2_MSebanyak 6 provinsi di irak melakukan aksi mogok massal pada hari kamis (10/10) kemarin, sebagai bentuk protes keras terhadap Pemerintahan Perdana Menteri Nuri Al Maliki atas sikap diam pemerintah terhadap sekelompok orang yang melakukan penghinaan dan penistaan terhadap sahabat nabi Muhammad.

Aksi mogok iniPemogokan datang satu hari di sebagian besar kota dari enam gubernuran , yang menyaksikan protes menentang kebijakan Perdana Menteri Nuri al – Maliki atas undangan organisasi dan badan dan tokoh Irak untuk mengecam apa yang terjadi dari penistaan ​​dari para sahabat .

Sebelumnya pada beberapa hari yang lalu, sekelompok orang yang dikawal oleh pasukan keamanan memasuki distrik Adhamiya di utara kota Baghdad, sambil melakukan cacian dan makian terhadap para sahabat dan istri Rasulullah Aisyah binti Abi Bakr.

Distrik Adhamiya merupakan salah satu yang distrik kaum Sunni yang paling menonjol dalam menentang  pemerintahan Nuri al Maliki.

Para ulama Irak telah mengeluarkan steatment bahwa pemerintah dan para politisi Irak ikut bertanggung jawab atas kejadian tersebut, dan meminta pemerintah untuk segera memproses para pelaku ke jalur hukum. (aljazeera/Zhd)