Wakil Staf Angkatan Bersenjata Iran “Kami Siap Bantu Perangi Milisi Bersenjata Di Irak”

wakil stafWakil Kepala Staf angkatan bersenjata Iran , Jenderal Mohammad Hijazi , menyatakan bahwa negaranya siap untuk membantu militer Irak dalam memerangi militan Al Qaeda.

Seperti dikutip oleh kantor berita resmi ‘IRNA’ pada Minggu (05/01), Jenderal Mohammad Hijazi mengatakan “jika Irak meminta bantuan Iran, kami akan memberikan mereka batuan logistik dan saran , tetapi tidak perlu mengirimkan tentara garda revolusi Iran.”

Jenderal Mohammad Hijazi menambahkan bahwa sampai saat ini pihak Irak belum meminta bantuan apapun kepada Iran untuk melakukan operasi bersama melawan teroris dan kelompok ekstremis yang berafiliasi ke pejuang al- Qaeda.

Iran merupakan negara pendukung setia rezim Presiden Suriah Bashar al Assad dan telah penasihat militernya untuk membantu pemerintah Suriah.

Sudah 1 minggu lamanya pihak militer Irak melancarkan serangan militer di kota Fallujah yang dituding pemerintah dikendalikan militan Al Qaeda.

Aksi militer ini juga mendapat dukungan dari pemerintah Washington, dalam pernytaan yang dikeluarkan Gedung putih pada hari Minggu menegaskan bahwa “As mendukung langkah Baghdad dalam pertempuran dengan al- Qaeda.” (alarabiya/RAM)