Wabah Polio Ancam Anak-Anak Korban Konflik Suriah

polioAliansi Koalisi Nasional Suriah mengumumkan penemuan puluhan kasus polio yang menjangkiti balita di Suriah, dan meminta masyarakat internasional untuk ikut bertanggung jawab terhadap bencana kemanusian yang kini melanda Suriah.

Seperti dikutip kantor berita Jerman dari jaringan berita oposisi Suriah menyatakan “tim darurat yang dibentuk oleh lembaga oposisi Suriah telah menemukan enam puluh kasus positif polio di Suriah dan dua ratus orang anak yang terinfeksi polio tetapi tidak menunjukkan gejala penyakit.

Sebelumnya pada bulan November, Organisasi Kesehatan Dunia, WHO telah memperingatkan wabah polio bagi anak-anak di Suriah, terutama di propinsi Damaskus , Aleppo , dan Deir al – Zour, akibat rendahnya tingkat vaksinasi terhadap penyakit ini karena konflik yang berlangsung.

Perwakilan dari Organisasi Dunia di Suriah, Elizabeth Hoff, mengungkapkan bahwa tingkat vaksinasi anak-anak Suriah terhadap virus polio turun dari 90 % menjadi 60 % akibat adanya konflik selama hampir 3 tahun terakhir.

Aliansi Koalisi Nasional Suriah juga menyerukan kepada masyarakat internasional untuk segera mengirimkan bantuan kepada para pengungsi Suriah di dalam dan luar negeri, mengingat puncak musim dingin yang semakin dekat pada bulan Desember ini. (Aljazeera/lndk)