Vladimir Putin Tegaskan Rusia Selalu Dukung Bashar Al Assad di Suriah

putin-glasses-_2638080bEramuslim – Presiden Rusia Vladimir Putin menekankan bahwa negaranya akan tetap mendukung pemerintahan sah Suriah yang dipimpin oleh Bashar Al Assad, ditengah kekhawatiran perang saudara yang lebih mendalam jika Assad mengundurkan diri.

Pernyataan ini dikatakan Vladimir Putin dalam pidatonya di forum ekonomi tahunan yang diselenggarakan di kota St. Petersburg pada hari Jum’at (19/06) kemarin.

“Kerjasama intensif Rusia dengan negara-negara baru tumbuh di dunia tidak berarti bahwa Moskow akan menghentikan kerjasam lama mereka dengan rekan-rekan di Barat. Saya yakin kemitraan antara Rusia dan Barat akan terus berjalan di masa depan,” ujar Putin dalam pidatonya.

Putin menambahkan “Rusia akan tetap melanjutkan kerjasam dengan Barat, meskipun konflik di Ukraina telah memaksa kedua hubungan memburuk akibat sanksi ekonomi AS dan sekutunya kepada Moskow.”

Perlu diketahui sejak Barat menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Rusia akibat krisis Crimea di Ukraina pada 1 tahun yang lalu, pemerintah Moskow segera memperkuat hubungan diplomatik dan ekonomi mereka dengan negara-negara berkembang seperti China, India dan Brasil.

Langkah ini diambil Moskow untuk segera mengurangi dampak ekonomi akibat sanksi yang dijatuhkan AS dan sekutunya. (Skynewsarabia/Ram)