Universitas Australia Luncurkan Hijab Khusus untuk Mahasiswi

Eramuslim – Universitas di Australia, Western Sydney University, meluncurkan hijab khusus bagi perawat, bidan dan mahasiswi muslim yang mempelajari ilmu medis. Kebijakan ini dilakukan untuk mendukung keberadaan mahasiswi keperawatan dan kebidanan yang beragama Islam.

“Program inisiatif hijab khusus ini untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di dunia klinis ,” kata Direktur Program Akademik Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Western Sydney University, Sue Willis.

Seperti dilansir dalam website Western Sydney University beberapa waktu lalu, peluncuran hijab Western Sydney University merupakan yang pertama kali di Australia.

Peluncuran hijab ini dilakukan guna menunjang fasilitas mahasiswi muslim. Selain itu juga menghormati keyakinan mahasiswi muslim yang wajib untuk mengenakan hijab di dalam segala aktivitasnya termasuk belajar dan praktik medis.

“Hijab ini didesain untuk mendukung pembelajaran mahasiswi di dalam kelas. Ini juga memotivasi mereka guna meningkatkan pengalaman klinisnya,” tambah Willis.

Wakil Direktur Program Akademik Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Western Sydney University, Dr Rakime Elmir mengatakan, pengembangan hijab ini melibatkan kolaborasi dari seluruh universitas dan komunitas yang lebih luas.

“Sebagai seorang muslim, saya tahu persis sangat penting bagi para pemimpin komunitas spiritual, para mahasiswi dan semua staf memiliki kesempatan untuk mendapat masukan. Ini memastikan kalau keseimbangan dapat dicapai dengan saling melengkapi,” ujar Elmir.