Uni Emirat Arab Lancarkan Nota Protes Terhadap Qatar Karena Ucapan Dr. Yusuf al Qaradawi

qardawiKementerian Luar Negeri Uni Emirat Arab memanggil Dubes Qatar Faris Al – Naimi untuk memberikan nota protes terhadap ucapan yang dikeluarkan oleh Presiden Uni Internasional Cendekiawan Muslim, Dr. Yusuf al – Qaradawi dalam khotbah Jumat pekan lalu.

Menteri Luar Negeri UEA, Anwar Gargash, menyatakan nota protes keras terhadap ucapan Dr Qardhawi yang disiarkan televisi negara Qatar. Dalam khotbah hari Jumat (25/02) di Doha, Dr Yusuf Qaradawi mengatakan “pemerintah UEA menjadi musuh golongan yang ingin mendirikan hukum Islam, dan memenjarakan para pendukungnya.”

Menlu UEA mengatakan bahwa negaranya terpaksa mengambil langkah ini setelah pemerintah Qatar hanya berdiam diri atas insiden tersebut dan tidak menjamin bahwa hal serupa tidak akan terulang di masa mendatang.

Menanggapi hal tersebut Menteri Luar Negeri Qatar, Khalid al Attiyah, menyatakan pada hari Minggu (02/02) bahwa “ ini merupakan ucapan Dr Qaradawi semata dan tidak ada hubungannya dengan negara.”

Al – Attiyah menekankan bahwa “kebijakan luar negeri Qatar terhadap asing diambil hanya melalui jalur resmi negara, dan bukan perkataan seseorang.” (Aljazeera/Ram)