Uni Afrika Tambah 700 Tentara Gabungan Perangi Boko Haram Di Nigeria

boko haramEramuslim – Uni Afrika berencana akan mengirimkan 8.700 tentara gabungannya untuk memerangi milisi Boko Haram dalam beberapa pekan mendatang, sebagai bagian dari kesepakatan KTT Uni Afrika yang diselenggarakan di ibukota Etiopia, Adis Ababa.

Jumlah ini meningkat 700 tentara setelah dalam kesepakatan sebelumnya di KTT ke 24 Uni Afrika pada pada 29- 31 Januari lalu, menyetujui pembentukan 7.500 kekuatan kekuatan gabungan benua Afrika dalam memerangi milisi Boko Haram di Nigeria.

Sebelumnya 4 Negara seperti Nigeria, Chad, Kamerun, Niger dan Benin menyatakan kesiapannya dalam membentuk tentara gabungan tersebut.

Nama resmi Boko Haram adalah Jama’atu Ahlis Sunna Lidda’awati wal-Jihad (Gerakan Dakwah Ahli Sunnah dan Jihad), namun diberi nama Boko Haram yang berarti ”Haramkan Pendidikan Barat” dalam bahasa setempat.

Barat sering menuding kelompok ini bertanggung jawab atas tewasnya 10 ribu orang akibat konflik bersenjata dengan pemerintah sepanjang periode 2002-2013. Selama ini informasi tentang Boko Haram disiarkan melulu oleh Media Barat dan anteknya. (Skynewsarabia/Ram)

Artikel ini bekerjasama dengan eramuslim digest :

Resensi Buku : Jejak Berdarah Yahudi Sepanjang Sejarah , Eramuslim Digest