Umat Islam Kena Batunya, Siapa Dalang di Balik Kerusuhan di Inggris?

eramuslim.com – Perdana Menteri Inggris Keir Starmer ingin “menghentikan” kekerasan sayap kanan yang menyebar di seluruh Inggris. Pertanyaan yang harus dijawab perdana menteri pertama-tama bukanlah bagaimana, tetapi siapa.

Dengan puluhan protes yang direncanakan untuk akhir pekan ini, upaya untuk meredakan kerusuhan menjadi rumit karena cara sayap kanan berevolusi dari outlet rasis yang lebih terorganisasi secara formal, seperti partai Nasional Inggris yang sudah tidak ada lagi, menjadi kelompok sempalan yang lebih terfragmentasi dan didorong oleh kepribadian.

Kemampuan mereka untuk memicu protes spontan — dan menyebarkan disinformasi — telah difasilitasi oleh unggahan daring yang viral dan algoritme rekomendasi di TikTok dan X, serta saluran Telegram khusus.

Siapa yang Berada di Balik Kerusuhan yang Menarget Umat Islam di Inggris

1.Kelompok Ekstrimis Sayap Kanan

Alih-alih satu entitas yang dapat dilarang atau diberi sanksi, polisi kini menghadapi musuh yang “tidak jelas”, kata Paul Jackson, profesor sejarah radikalisme dan ekstremisme di Universitas Northampton.

“Jaringan yang lebih luas” dari kelompok-kelompok dan tokoh-tokoh yang terpecah, yang menemukan tujuan yang sama dan yang kapasitasnya untuk berorganisasi secara spontan, telah sangat ditingkatkan oleh media sosial.

Perdana menteri minggu ini memberi tahu platform media sosial, memperingatkan mereka bahwa hasutan yang “jelas disebarkan secara daring” juga merupakan kejahatan — dan terjadi di “tempat” mereka.

Kerusuhan yang dimulai pada hari Selasa di Southport dekat Liverpool — menyusul pembunuhan tiga gadis muda — telah berubah menjadi letusan kekerasan sayap kanan paling luas di Inggris selama bertahun-tahun.

Protes telah pecah dari Hartlepool hingga Downing Street, dengan lebih dari 130 orang ditangkap di seluruh negeri sejauh ini.

2. Berafialisi dengan Neo-Nazi

Ketika perusuh pertama kali menyerang sebuah masjid di Southport pada Selasa malam, melemparkan batu bata ke petugas dan secara keliru menyalahkan imigran dan Islam atas penusukan massal gadis-gadis muda di kelas dansa bertema Taylor Swift sehari sebelumnya, polisi Merseyside awalnya menuding English Defence League.

Ada seruan agar EDL, yang didirikan oleh salah satu aktivis sayap kanan paling terkenal di Inggris, Stephen Yaxley-Lennon — yang lebih dikenal sebagai Tommy Robinson. Namun menurut para ahli, EDL tidak lagi ada secara formal lebih dari satu dekade lalu, meskipun beberapa pengikut Robinson — termasuk setidaknya satu anggota kelompok neo-Nazi Patriotic Alternative — terlihat dalam kerusuhan tersebut.

Sudah ada momentum di balik sayap kanan sebelum penusukan massal hari Senin, kata Jackson.

Para pengikut Tommy Robinson didukung oleh rapat umum yang diadakannya pada Sabtu minggu lalu — sejauh ini merupakan pertemuan sayap kanan terbesar di London dalam beberapa tahun dengan peserta sebanyak 30.000 orang.

3. Menyebar Fitnah kepada Imigran

Yang lebih mengkhawatirkan, kata Jackson, tema-tema utama aktivis sayap kanan ini, khususnya fitnah mereka terhadap imigran, telah diperkuat di arus utama, termasuk oleh anggota pemerintahan Konservatif Rishi Sunak sebelumnya.

“Ketika politisi arus utama mengatakan hal-hal yang agak mirip, mereka memberi izin kepada kelompok-kelompok yang lebih kecil itu, memberi mereka legitimasi dan daya beli yang lebih besar,” tambah Jackson.

Beberapa jam setelah serangan hari Senin di Southport, Nigel Farage, pemimpin partai Reformasi anti-imigrasi dan sekarang menjadi anggota parlemen, mengunggah video daring yang menyiratkan bahwa polisi telah menyembunyikan informasi tentang penusukan tersebut.

“Mempromosikan ketidakpercayaan — itulah yang dilakukan oleh kelompok sayap kanan,” kata Jackson.

Protes tersebut, di mana orang-orang meneriakkan slogan Rishi Sunak “Hentikan perahu”, awalnya dipicu oleh pembunuhan tiga gadis berusia enam, tujuh, dan sembilan tahun pada hari Senin dan penusukan beberapa orang lainnya di Southport.

4. Bermain Isu Anti-Muslim

Namun, mereka mengadopsi tema anti-Muslim dan anti-migran yang lebih luas yang dipicu oleh intervensi awal daring dari sejumlah besar influencer sayap kanan dan ahli teori konspirasi termasuk Robinson, sekutunya “Danny Tommo”, pemimpin partai Reclaim Laurence Fox, dan influencer Andrew Tate.

“Ledakan kemarahan yang ditunjukkan di Southport adalah campuran racun dari kengerian yang mentah dan dapat dipahami atas pembunuhan brutal anak-anak, yang dicampur dengan Islamofobia masyarakat yang mengakar dan misinformasi yang disebarkan oleh para influencer yang berusaha mengobarkan ketegangan,” tulis Joe Mulhall, seorang peneliti senior di organisasi anti-fasis Hope Not Hate, dilansir Financial Times. Georgie Laming, direktur kampanye di kelompok advokasi tersebut, mengatakan banyak orang yang telah “membuat keributan” minggu ini sebelumnya telah dilarang dari X.

“Sekarang mereka kembali,” katanya setelah Elon Musk yang menyatakan diri sebagai “pemegang kebebasan berbicara absolut” mengambil alih perusahaan media sosial dan mencabut beberapa larangan.

Tersangka berusia 17 tahun dalam pembunuhan di Southport, yang didakwa dengan tiga tuduhan pembunuhan dan 10 tuduhan percobaan pembunuhan di Pengadilan Mahkota Liverpool pada hari Kamis, bukanlah seorang Muslim, dan dia juga bukan seorang migran.

Axel Rudakubana, yang diberi nama setelah hakim mencabut pembatasan pelaporan yang berlaku karena usianya, lahir di Cardiff dari orang tua yang beremigrasi dari Rwanda.

5. Bermain di Media Sosial

Namun, unggahan di platform media sosial arus utama membagikan misinformasi yang “menimbulkan kebencian” tentang identitas penyerang, yang membantu “memobilisasi orang dalam skala besar”, kata Hannah Rose, seorang peneliti di lembaga pemikir Institute for Strategic Dialogue.

Segera setelah serangan pada hari Senin, nama palsu mulai menyebar di X bersamaan dengan unggahan yang menuduh bahwa penyerang baru saja tiba di Inggris melalui perahu kecil dan bahwa dia seorang Muslim.

Pada pukul 3 sore pada hari Selasa, sehari setelah serangan, nama palsu tersebut telah menerima lebih dari 30.000 penyebutan di X dari lebih dari 18.000 akun unik, termasuk akun dengan tanda centang “terverifikasi”, menurut ISD.

Infografis yang mempromosikan protes di Southport dan Whitehall juga dibagikan di TikTok dan aplikasi perpesanan Telegram yang berbasis di Dubai, sementara detail pengorganisasian dibagikan di X.

Algoritma rekomendasi — yang biasanya mempromosikan posting yang menerima, atau kemungkinan akan menerima, tingkat keterlibatan yang tinggi — membantu memperkuat misinformasi tentang penyerang.

Posting yang “sangat penuh kebencian” tetap beredar luas di X selama berjam-jam meskipun melanggar kebijakan platform yang dinyatakan, kata Rose. Baik TikTok maupun X tidak menanggapi permintaan komentar.

Hope Not Hate telah melacak rencana untuk lebih dari 30 protes sayap kanan di kota-kota di seluruh Inggris akhir pekan ini. Namun Laming mengatakan tidak ada “satu pun penyelenggara” untuk acara-acara ini.

 

(Sumber: Sindonews)

Beri Komentar