Uji Coba Rudal India Mampu Jangkau Beijing

An Agni 4 Missile is displayed during thUntuk kedua kalinya India berhasil meluncurkan roket dengan jarak jelajah hingga 5000 km, dan dapat menjangkau ibukota Beijing, China, serta sebagian besar negara-negara di Eropa.

Roket yang diberi nama Agni-V, dilubcurkan dari sebuah pulau yang terletak di pantai timur India pada hari minggu kemarin. Agni–V pertama kali di uji cobakan pada bulan April 2012, roket yang mampu membawa hulu ledak nuklir seberat 1 ton, sebagian besar dibuat di dalam negeri dan program ini sudah dimulai pada era tahun enam puluhan.

Juru  bicara departemen riset dan pengembangan pertahanan, Ravi Kumar Gupta mengatakan, “tes uji coba berhasil mengenai semua sasaran yang telah ditetapkan.”

India kini sedang mencoba untuk bersaing dengan negara tetangganya, China, yang memilik kekuatan militer terkuat di wilayah Asia.

Hubungan kedua negara digambarkan baik , akan tetapi mereka terlibat perang singkat di Himalaya pada tahun 1962, dan setelah itu terjadi penumpukan kekuatan pertahanan konvensional di wilayah perbatasan yang kerap menjadi sumber ketegangan antara kedua negara. (skynewsarabia/Zhd)