Turki Resmi Umumkan Gabung Dalam Serangan Udara Koalisi Internasional Di Suriah

F 16 TurkiEramuslim – Jum’at 24 Juli 2015, Kementerian Luar Negeri Turki mengumumkan bahwa angkatan bersenjatanya akan ikut serta dalam oeprasi udara yang digelar koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat terhadap pejuang Negara Islam di Suriah.

Kebijakan ini diambil pemerintah Ankara pasca 2 serangan berdarah yang menewaskan 32 warga sipil di taman budaya Amara, Suruc, pada hari Senin (20/07) kemarin, serta serangan berdarah di perbatasan Suriah pada Kamis (23/07) yang menewaskan 2 orang tentara dan melukai 5 lainnya.

Dalam pengumumannya, Kemenlu Turki menyatakan, “Ankara sepakat untuk menggunakan Pangkalan Udara Incirlik di Turki selatan sebagai pusat operasi koalisi Internasional di Suriah.”

Kemenlu menjelaskan bahwa kelompok-kelompok bersenjata yang menargetkan warga sipil Turki maupun pengungsi Suriah yang berada di wilayahnya sebagai ancaman nyata bagi keamanan nasional.

Perlu diketahui bahwa Turki adalah satu-satunya negara yang awalnya menentang keras kebijakan Amerika Serikat yang ingin memerangi Negara Islam tanpa mau melengserkan Presiden Syiah Bashar Al Assad. (Rassd/Ram)