Turki Resmi Umumkan Bangun Tembok Pemisah Dengan Suriah

tembok pembatas'Eramuslim – Juru bicara pemerintah sementara Turki, Bulent Arinc, menyatakan bahwa negaranya akan membangun tembok pemisah disepanjang perbatasan Suriah untuk mencegah penyelundupan senjata dan aksi terorisme dari maupun menuju ke Turki.

Dalam keterangannya dihadapan wartawan pada hari Kamis (23/07) kemarin, Bulent Arinc mengatakan bahwa Turki berencana membangun tembok pembatas di sector-sektor tertentu dengan panjang 150 dan 40 kilometer, seperti dilansir saluran televisi NTV Turki.

“Saya tidak bisa meninjau menjelaskan rincian teknisnya sekarang, akan tetapi tembok penghalang tersebut akan dilengkapi dengan semua sarana teknologi terbaru, dan jika tetap tidak membantu kita akan menggunakan sarana teknologi lainnya,” ujar Bulent Arinc.

Bulent Arinc menambahkan, “Kami berjanji bahwa tembok ini akan membantu kita untuk mencegah aksi terorisme dari wilayah Suriah yang menargetkan Turki sebagai negara tetangga.”

Menurut jubir pemerintahan sementara Turki, langkah tegas ini diambil pemerintah setelah adanya serangan bom teroris yang menyebabkan 32 orang tewas di taman budaya Amara, Suruc, pada hari Senin (20/07) kemarin.

Pembangunan tembok pembatas ini sesuai dengan berita yang diturunkan surat kabar Milliyet Turki pada tanggal 27 Juni kemarin, yang menyatakan bahwa tembok pembatas akan dibangun dengan ketinggian 3,5 meter meliputi wilayah Hatay , Kilis, Gaziantep dan Şanlıurfa dilengkapi dengan kamera pengawas dan kawat berduri. (Almasryalyoum/Ram)