Turki Lakukan Serangan Ke Dalam Wilayah Suriah

al qaeda qMiliter Turki menggempur basis militer milik pejuang Al Qaeda di Suriah, setelah sebuah mortir dari Suriah jatuh di dekat kawasan militer Turki yang berada di dekat garis perbatasan kedua negara.

Seorang sumber di Militer Turki mengatakan pada hari Rabu (16/10) kemarin bahwa pasukannya menembakkan empat peluru artileri ke sebuah basis militer yang dikuasai oleh Negara Islam kelompok di Irak dan Suriah di dekat kota perbatasan Azaz.

Sebelumnya sebuah mortir dari Suriah jatuh di dekat kawasan militer Turki pada hari Selasa kemarin.

Dalam sebuah pernyataan Staf militer Turki mengatakan “sebuah mortir ditembakkan dari wilayah pegunungan Azaz di Suriah utara pada pukul 01.30 Selasa sore waktu Turki (10:30 GMT ) dan mendarat hanya 450 meter sebelah timur dari kawasan militer Turki di distrik Demiresk provinsi Kilis, tanpa adanya ledakan dari mortir tersebut.”

” Sebagai respon terhadap serangan tersebut, militer Turki menembakkan empat peluru artileri ke wilayah Gunung Azaz di Suriah. Dan serangan tersebut tidak menyebabkan kerusakan apapun,” ujar pejabat tersebut.

Ini merupakan pertama kalinya militer Turki membalas serangan rudal dan mortir salah sasaran yang jatuh kedalam wilayahnya, sebelumnya pemerintah turki tidak membalas serangan jika terdapat rudal dan mortir yang jatuh ke dalam wilayahnya. (bbcarabic/Zhd)