Tunisia Vonis 6 Tahun Penjara Mantan Presiden Zine El Abidine Ben Ali

ZineXElXAbidineXBenXAliEramuslim.com – Kamis 23 April 2015 Pengadilan Tunisia menjatuhkan vonis 6 tahun penjara terhadap mantan Presiden Tunisia Zine El Abidine Ben Ali dalam kasus korupsi terkait dengan pemberian proyek pemerintah di provinsi Kairoan.

Ini adalah vonis pertama dari sekitar 140 kasus yang didakwakan terhadap Presiden Zine El Abidine Ben Ali yang digulingkan pada Musim Semi Arab tahun 2011 lalu.

Dalam pembacaan vonis hukuman terhadap presiden yang kini masih menjadi buronan pemerintah Tunisia, Hakim Majelis menyatakan presiden terguling Ben Ali terbukti terlibat dalam kasus korupsi pemberian proyek pemerintah di provinsi Kairoan kepada keponakan istri sang presiden.

Perlu diketahui bahwa ibu negara Leila Trabelsi berhasil membawa1,5 ton emas Tunisia dari Bank Sentral, sebelum akhirnya terbang ke negara kawasan Teluk bersama mantan Presiden Ben Ali.

Empat tahun revolusi Tunisia telah berlalu, akan tetapi negara yang menjadi destinasi wisata dari turis asal Eropa kini harus berjuang menghadapi krisis ekonomi, politik, dan keamanan seperti negara-negara Arab lainnya yang mengalami Arab Spring. (Rassd/Ram)