Transparency International : 6 Negara Arab Masuk 10 Besar Negara Terkorup Di Dunia, Indonesia di Urutan 107

Transparency InternationalOrganisasi internasional yang bertujuan memerangi korupsi politik, Transparency International, menyebut 6 negara Arab masuk dalam 10 besar negara terkorup di dunia.

Dalam laporan tahun 2014 yang dirilis Transparency International menyatakan bahwa Sudan menempati peringkat ketiga dalam negara terkorup di dunia (atau posisi 173 dunia), disusul oleh Somalia dan Korea Utara di tempat ke dua (174 dunia).

Selain kedua negara Arab yang berada di Benua Afrika tersebut, negara-negara miskin di Timur Tengah seperti Irak menempati urutan 170 dunia, disusul Libya di peringkat 166 dunia, Yaman di urutan ke 161 dunia, dan Suriah di tempat 159 dunia.

Sementara itu negara Uni Emirat Arab berada di urutan 25 secara global, dan Qatar diposisi ke 26 secara global, sedangkan Indonesia berada di urutan ke 107 dunia.

Dalam survei yang dilakukan oleh organisasi non-pemerintah yang berbasis di kota Berlin, Jerman, telah mengklasifikasikan indeks negara korupsi sesuai dengan tingkat korupsi di sektor publik suatu negara dari 177 negara di dunia. (Rassd/Ram)