Tokoh Syiah Iran Abbas-Ali Soleimani Tewas Ditembak di Bank

eramuslim.com – Abbas-Ali Soleimani, seorang pemimpin senior Syiah Iran, mengalami nasib nahas setelah ditembak mati dalam sebuah insiden di sebuah bank di kota Babolsar pada Rabu pagi (25/4) waktu setempat.

Meskipun motifnya belum jelas, pejabat keamanan di Provinsi Mazandaran, tempat kejadian, memberitahu kantor berita IRNA bahwa tersangka berhasil ditangkap di lokasi.

Menurut laporan media lokal yang dikutip oleh outlet semi-resmi Tasnim, insiden tersebut terjadi di kantor pusat Bank Nasional Babolsar. Pelaku dikatakan telah mengambil senjata dari seorang penjaga keamanan dan menembak beberapa orang, salah satunya adalah Soleimani.

Gubernur Mazandaran, Mahmoud Hosseinipour, mengatakan bahwa pelaku adalah petugas keamanan bank lokal.

Soleimani jatuh ke lantai dengan sorban putihnya yang terlepas dan jendela di belakangnya pecah. Lewat rekaman, terlihat dua pria, salah satunya mengenakan seragam hijau, tampak terkejut dan terpana, lalu segera menangkap pelaku.

Soleimani, yang saat ini berusia 77 tahun, bertugas di Dewan Pakar, sebuah badan ulama dengan 88 kursi yang mengawasi kebijakan negara. Salah satu fungsinya adalah mengangkat pemimpin tertinggi negara Islam, posisi yang saat ini dipegang oleh Ali Khamenei.

Soleimani menjalani masa jabatan delapan tahun keduanya di organisasi tersebut, yang mengadakan pemilihan anggota terakhirnya pada tahun 2016. Selama kedua masa jabatan tersebut, dia mewakili provinsi Sistan dan Baluchestan.

Dia sebelumnya ditunjuk oleh Khamenei sebagai ahli hukum Islam senior di kota Kashan di provinsi Isfahan, serta di Sistan dan Baluchestan. Ia juga menjabat sebagai Imam Sholat Jum’at di beberapa kota di Iran.

 

(Sumber: RMOL)

Beri Komentar