Tips Shalat Khusyuk Ulama Suriah

Eramuslim – Sebagai umat Muslim, salat lima waktu harus dilakukan dengan khusyuk. Umat Islam harus meraih shalat yang khusyuk agar mendapat ridha Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Kadang umat Muslim sampai mengikuti pelatihan atau seminar cara shalat khusyuk. Ini dilakukan untuk memperbaiki ibadah.

Bertambah banyaknya kesibukan duniawi seseorang, khusyuk dalam shalat menjadi sesuatu yang amat sulit dicapai. Padahal salat adalah induknya seluruh ibadah, yang bila ia baik, maka baiklah ibadah-ibadah lainnya.

Namun bila salatnya rusak karena khusyuk umpamanya, maka ibadah-ibadah lainnya akan terpengaruh.

Mursyid Tarekat Syadziliyah dari Suriah, Syekh Abdul Hadi memberikan tips-tips untuk memperoleh shalat khusyuk bagi siapa saja.

Seperti dilansir NU Online, Mursyid yang kini tinggal di Lebanon ini memberikan tiga langkah menuju shalat khusyuk. Tips tersebut, diambil olehnya dari Al-Qur’an Surat Al-A’la ayat 14 dan 15.

1. Membersihkan diri dari segala kotoran fisik maupun jiwa

Langkah pertama untuk mencapai shalat khusyuk yaitu kemauan seseorang untuk membersihkan dirinya dari segala kotoran. Lebih luas, Syekh Abdul Hadi menjelaskan bersih yang dimaksud ayat 14 tersebut yaitu bersih dari hadats dan bersih dari pikiran serta hati kotor, seperti iri, dengki, dendam, pemarah, ujub, dan pamer.

“Mau salat khusyuk, maka harus bersih dulu. Seperti firman Allah dalam ayat 14 (Al-A’la “Sungguh beruntung orang yang menyucikan diri (dengan beriman),” jelasnya.