Tim Pemusnah Senjata Kimia Rencanakan Musnahkan Senjata Kimia Suriah Di Tengah Laut

A U.N. chemical weapons expert holds a plastic bag containing samples from one of the sites of an alleged chemical weapons attack in Ain TarmaOrganisasi Pelarangan Senjata Kimia Suriah berencana akan memusnahkan senjata kimia milik rezim Bashar Al Assad pada tahun 2014 mendatang di tengah laut.

Rencana ini diungkapkan oleh seorang pejabat AS, setelah pemerintah Albania menyatakan menolak permintaan pemerintahan Amerika Serikat untuk memusnahkan senjata tersebut di Albania.

Dalam keterangannya kepada  Reuters, pejabat tersebut mengatakan “Organisasi untuk Pelarangan senjata kimia kini mempertimbangkan kemungkinan untuk melakukan pemusnahan di atas kapal laut atau di lepas pantai.”

Saat dikonfirmasi Reuters kepada salah seorang pejabat terkait hari Selasa kemarin, ia mengatakan “mungkin keputusan tersebut dapat diimplementasikan secara teknis, namum sampai saat ini belum ada keputusan yang telah dibuat Organisasi mengenai hal tersebut.”

Para ahli independen menilai bahwa langkah tersebut membutuhkan kerjasama dengan negara-negara lain, terutama Jepang. Mereka menilai langkah seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Dijadwalkan pada pertengahan tahun 2014 mendatang, Tim Inspektur Senjata Kimia dapat membawa seluruh senjata kimia rezim Bashar Al Asaad keluar dari Suriah untuk dimusnahkan. (alarabiya/lndk)