Kanada Tarik Jet Tempurnya Dari Irak Dan Suriah

jet kanadaEramuslim – Perdana Menteri terpilih Kanada, Justin Trudeau, menyatakan bahwa dirinya akan menarik seluruh jet tempurnya dalam perang melawan Negara Islam di Irak dan Suriah setelah diangkat menjadi PM sah.

“Saya telah mengabarkan kepada Presiden AS Barack Obama bahwa negaranya akan menarik seluruh jet tempurnya dari perang melawan Negara Islam di Irak dan Suriah,” ujar Justin Trudeau seperti dilansir Agence France Presse.

Justin Trudeau melanjutkan, “Penarikan ini bukan berarti kami mengundurkan diri dari koalisi internasional pimpinan AS, akan tetapi kami akan tetap menempatkan pasukan darat kami di wilayah utara Irak untuk melatih militer pemerintah.”

Langkah ini diambil oleh Partai Liberal yang dipimpin oleh Justin Trudeau setelah dinyatakan menang telak dari pesaing mereka Partai Konservatif dalam pemilu parlemen yang digelar pada hari Senin (19/10) kemarin.

Perlu diketahui kebijakan pengiriman pesawat tempur udara Kanada ke Suriah dan Irak di ambil Partai Konservatif dan pemimpinnya, Stephen Harper, yang telah berkuasa dalam kurun waktu 1 dekade terakhir.

Selain menarik jet tempurnya dari Irak dan Suriah, PM terpilih Justin Trudeau berjanjia akan memulai program penerimaan 25 ribu pengungsi Timteng dan Afrika yang sebelumnya ditolak oleh PM Stephen Harper. (Bbcarabic/Ram)