Pasukan Gabungan Arab Mulai Gempur Pemberontak Syiah Houthi Di Provinsi Marib

konvoi pasukan gabungan arabEramuslim – Seorang sumber di gerakan Populer Rakyat Yaman mengungkapkan bahwa pasukan gabungan Arab yang dipimpin Arab Saudi telah tiba di provinsi Marib pada Minggu (23/08) malam, untuk mulai membantu pejuang pro-pemerintah memerangi pemberontak Syiah Houthi.

Dalam pernyataan sumber yang tidak mau diungkapkan namanya kepada surat kabar Sada Aden mengatakan, “Pasukan gabungan Arab beserta ratusan kendaraan lapis baja mulai menggempur pemberontak Houthi dan sekutunya milisi Ali Abdullah Saleh di wilayah timur Marib sejak Senin (24/08) pagi.”

Sebelumnya pasukan gabungan ini telah tiba di Yaman sejak Sabtu (22/08) pagi melalui perbatasan darat di provinsi Hadhramaut, sebelah timur ibukota Sana’a, sebelum akhirnya bergerak menuju provinsi Marib.

Sementara itu seorang sumber Yaman lainnya mengungkapkan bahwa pasukan gabungan yang telah berada di provinsi Marib merupakan pasukan gabungan jilid I, yang akan disusul selanjutnya dengan pasukan gabungan lainnya pasca berhasil mengusai dan mengusir pemberontak Syiah Houthi dan sekutunya dari provinsi Marib.

Rencananya koalisi regional Arab akan menjadikan provinsi Marib sebagai markas utama dalam operasi militer merebut ibukota Sana’a. (Rassd/Ram)