The Independent Kembali Ungkap Fakta Baru Invasi AS Ke Irak Tahun 2003

invasi as ke irakEramuslim – Surat kabar kenamaan asal Inggris “The Independent” kembali mengungkapkan fakta baru dalam invasi Irak di tahun 2003 lalu, dimana menyebut pemerintah London disebut tahu tentang rencana menggulingkan Presiden Saddam Hussein jauh sebelumnya.

Dalam surat yang disampaikan oleh Menlu Colin Powell kepada Presiden AS George W. Bush pada 28 Maret tahun 2000 menyatakan, “Menlu Inggris Tony Blair bersama kita, dan secepatnya kita harus menggelar operasi militer di Irak.”

The Independent menerangkan bahwa surat ini berasal dari isi dari pesan e-mail milik calon kandidat presiden dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, yang bocor ke publik.

Sebelumnya pada bulan Januari tahun 2010 lalu, mantan Menlu Inggris Tony Blair pernah menjalani pemeriksaan oleh komisi penyelidikan “Chilcot” mengenai kesepakatan rahasia dengan Bush untuk menggulingkan Saddam Hussein.

Tidak ada hasil yang memuaskan dalam penyelidikan yang dilakukan oleh komite Chilcot pada saat itu, akan tetapi sejumlah pengamat konspirasi menduga bahwa ini hanya formalitas semata, sama seperti konspirasi tingkat tinggi yang ditutup rapat-rapat. (Dostor/Ram)