The Guardian Inggris: Bashar al Assad Bantai 11 Ribu Tahanan Anti Pemerintah Di Penjara Suriah

The Al Ray prison under control of Al-Tawhid Brigade of Free Syrian ArmyMantan jaksa pengadilan pidana untuk kasus Yugoslavia, Sierra Leone, menuding pejabat Suriah bertanggung jawab atas kematian puluhan ribu tahanan di penjara-penjara pemerintah, setelah terungkapnya gambar dan bukti penyiksaan serta pembunuhan para tahanan anti pemerintah.

Menurut surat kabar Inggris The Guardian, 3 orang pengacara telah menegaskan kebenaran bukti rekaman video dan gambar terkait tindakan penyiksaan dan pembunuhan lebih dari 11 ribu tahanan yang diberikan oleh mantan petugas polisi militer Suriah setelah melakukan pemeriksaan mendetail dan bertemu langsung dengan polisi tersebut selama 10 hari lamanya.

Mereka yang disiksa adalah para tahanan yang berada di dalam penjara pada periode dari bulan Maret 2011 sampai Agustus 2013 lalu. Dalam beberapa bukti gambar terdapat mayat yang disiksa dengan mencungkil matanya, di cekik dan disetrum oleh pihak keamanan Suriah.

Foto-foto dan file merupakan hasil rekaman dan jepretan seorang fotografer polisi Suriah dengan nama samaran Caesar.

The Guardian menegaskan bahwa tim investigasi yakin bahwa ada bukti jelas mengenai penyiksaan dan pembunuhan para tahanan, menurut surat kabar Inggris foto dan rekaman ini akan mendukung bukti kejahatan perang rezim Suriah. (Skynewsarabia/Ram)