Temui Menlu Iran, John Kerry Bahas Bahaya ISIS Di Irak Dan Suriah

U.S. Secretary of State Kerry speaks during a news conference at the Lake Garden Hotel, outside the venue of the 47th ASEAN Foreign Ministers' Meeting, in NaypyidawPerbincangan mengenai bahaya Negara Islam di Irak dan Suriah menjadi topik serius dalam pertemuan Menlu As John kerry dengan Menlu Iran, Muhammad Javad Zarif, di kota New York hari Minggu (21/09).

Dalam pertemuan yang berlangsung selama 1 jam di sebuah hotel di kota New York, Menlu kedua negara membahas serius mengenai bahaya ISIS di selah file perundingan nuklir Iran.

Pemerintah Washington menyatakan bahwa Teheran memiliki peran penting dalam membantu memerangi ISIS di wilayah Suriah dan Irak, meskipun ajakan bergabung dalam koalisi internasional telah ditolak pemerintahan Hassan Rouhani.

Dalam pernyataannya, Menlu Iran Javad Zarif, menekankan menolak kerjasama militer dengan AS dalam upaya pemberantasan ISIS, “akan tetapi saya siap kembali untuk melanjutkan upaya dialog diplomatik dalam program nuklir Iran,” ungkapnya.

Selain itu, kedua Menteri sepakat untuk melakukan pertemuan lebih lanjut mengenai program nuklir Iran pada pekan depan, jika memang dibutuhkan . (Skynewsarabia/Ram)