Temuan Ilmuwan Muslim Ini Dipakai Hingga Akhir Zaman

Eramuslim – MUDAHNYA kehidupan di zaman modern ini tak lepas dari benda-benda yang mempermudah aktivitas kita. Ada beragam benda yang tentunya telah melalui tahap penyempurnaan hingga berhasil dimanfaatkan saat ini.

Ternyata, beberapa benda yang kita pakai sehari-hari, ada peran ilmuwan muslim di dalamnya. Mereka menemukan benda-benda yang kemudian membantu kita menjalani kehidupan sehari-hari dengan mudah.

Seperti dilansir dari laman mvslim pada Senin (17/2/2020), berikut benda-benda yang ditemukan ilmuwan muslim.

Jam

Seorang pria asal Diyabakir, Turki bernama Al Jazari adalah seorang muslim dan juga insinyur yang sangat terampil dalam membuat konsep mesin otomatis. Pada 1206, Al Jazari telah membuat banyak jam dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Hingga saat ini, jam telah berfungsi sebagai penolong hidup manusia dalam membagi waktu, meningkatkan kedisiplinan diri, serta mempermudah hidup. Al-Jazari berpegang teguh pada tradisi pembuatan jam. Mereka tahu bahwa hal itu penting untuk mengetahui waktu sehingga dapat digunakan dengan baik seperti tahu kapan harus salat pada waktu yang tepat setiap hari dan mengumumkan panggilan untuk salat di masjid.

Peta

Peta sangat bermanfaat untuk membantu orang yang tersesat. Peta sudah eksis sekitar 3500 tahun. Awalnya peta dibuat dari tanah liat. Namun seiring perkembangan zaman peta dibuat menggunakan kertas. Memasuki zaman modern saat ini, peta menggunakan sistem satelit dan GPS (Global Positioning System) seperti Google Map.

Awal mulanya, peta dibuat oleh seorang pelancong. Perjalanan yang dilakukannya pada abad ke 7 ini guna menyebarkan ajaran islam dan juga berdagang. Peta diketahui dari mulut ke mulut, tapi pada abad ke 8 peta pertama di produksi di Baghdad. (Okz)