Tanggal 10 Ramadhan Dalam Lintasan Sejarah

perang 6 OktoberEramuslim – Tanggal 10 Ramadhan menjadi saksi penting sejarah terhadap sejumlah peristiwa yang akan merubah peradaban kaum Muslimin hingga masa kini. Apa saja peristiwa tersebut ?

Wafatnya Istri Tercinta Nabi Muhammad, Sayyidah Khadijah.

Menjadi orang pertama yang mengimani risalah yang diturunkan Allah Subhanahu Wata’ala kepada Nabi Muhammad melalui malaikat Jibril, istri tercinta Khadijah binti Khuwailid justru pergi menghadap Allah Ta’ala diwaktu Rasullullah benar-benar membutuhkan dukungan beliau akibat penolakan yang dahsyat kaum kafir Quraisy terhadap agama Islam.

Tanggal 10 Ramadhan 3 tahun sebelum Hijrah atau sekitar tahun 620 Masehi menjadi saksi perginya istri tercinta Nabi menghadap Allah Subhanahu Wata’ala.

Kemenangan Umat Muslimin Dalam Peperangan Mansoura

10 Ramadhan tahun 648 Hijriyah menjadi saksi kemenangan umat Muslimin yang dipimpin oleh Emir Fakhr-ad-Din Yusuf, Faris ad-Din Aktai and Baibars al-Bunduqdari di kota Mansoura, Mesir, dalam perang melawan pasukan salib yang dipimpin oleh Raja Perancis Louis IX.

Perang sendiri belangsung selama 3 hari dari tanggal 8-11 Februari tahun 1250 Masehi, dengan kekalahan telak dari pasukan salib.

Kemenangan Tentara Mesir Di Perang 6 Oktober 1973.

10 Ramadhan tahun 1393 Hijriyah menjadi saksi penting keberanian pasukan Mesir bersama umat Muslimin untuk kembali merebut wilayah Semenanjung Sinai dari tangan Zionis Israel.

Kemenangan kali ini menjadi titik balik semangat pasukan-pasukan negara Arab khususnya Mesir, setelah pada perang 1967 koalisi pasukan Arab yang terdiri dari tentara Mesir, Suriah, Lebanon, dan Jordan berhasil dikalahkan oleh Zionis Israel. (Almasryalyoum/Ram)