Tanaman Gandum Kini Jadi Sumber Baru Konflik di Suriah

gandumEramuslim – Jaringan pemantau HAM Suriah menyatakan Gandum kini menjadi konflik baru antara rezim Bashar Al Assad dan pejuang revolusi Suriah, setelah pasukan revolusi berhasil menguasai tiga pusat utama penyimpanan gandum dan tanah pertanian yang luas di Suriah.

Menurut jaringan pemantau HAM Suriah, pejuang revolusi kini melakukan pembelian besar-besaran hasil panen gandum petani untuk memenuhi kebutuhan roti dan makanan bagi wilayah-wilayah yang kini dibawah mereka.

Suatu hal yang dapat menggagalkan rencana blokade pasukan Bashar Al Assad dalam upaya menciptakan kelaparan di wilayah-wilayah yang dikuasai pejuang revolusi, ujar jaringan pemantau HAM Suriah dalam laporannya.

Menurut laporan yang diperoleh dari sejumlah wilayah menyatakan bahwa pesawat tempur Bashar Al Assad kini menargetkan lahan-lahan pertanian milik warga Suriah, utnuk menyalakan api dan mencegah pasukan revolusi untuk mengambil keuntungan dari para petani.

Perlu diketahui bahwa gandum merupakan tanaman pokok utama bagi warga di Timur Tengah untuk memenuhi asupan karbohidrat mereka menggantikan nasi.

Di Suriah tanaman ini tumbuh dengan subur di wilayah selatan yang kini dikuasai oleh pejuang revolusi. (Alarabiya/Ram)