Jamaah Indonesia Tinggalkan Mekkah

Setelah menyelesaikan rangkaian ibadah haji di tanah suci, jamaah haji dari berbagai negara mulai bersiap-siap meninggalkan kota suci Mekkah Al Mukaramah. Berdasarkan pemantauan Eramuslim, setelah menyelesaikan pelemparan jumroh dan tawaf Ifadhah jamaah haji, halaman depan rumah jamaah haji Indonesia yang tergabung pada gelombang pertama tiba di tanah suci sudah terparkir truck berukuran besar yang siap mengangkut koper-koper mereka menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah untuk kemudian diterbang ke tanah air.

Bukan hanya, di pemondokan jamaah Indonesia, kegiatan mengumpulkan koper jamaah haji juga tampak didepan halaman rumah jamaah asal Turki yang sudah tiba lebih dulu di tanah suci. Raut muka bahagia terlihat jelas diwajah para jamaah haji yang telah selesai melaksanakan rangkaian ibadah haji, yang ditutup dengan pelaksanaan tawaf wada’ (tawaf perpisahan).

Jamaah haji asal Kloter I Kepulauan Riau, Suratman mengaku sangat bersyukur karena telah berhasil menjalankan rukun Islam yang kelima, karenanya dia telah menyiapkan barang bawaan yang akan dibawanya ke tanah air.

"Prosesi haji Alhamdulillah telah berhasil dijalankan sesuai teori yang telah dipelajari dengan mengikuti sunnah Rasul, sejak di Madinah, Mekkah, dan saat inilah kami akan bersiap-siap kembali melalui Jeddah," ujarnya ditemui saat mengatur barang bawaannya di rumah 311, wilayah Aziziah Shisha.

Ia berharap, agar pesawat yang ditumpanginya tidak mengalami delay pada saat pemberangkatan, sehingga jadwalnya sampai ke tanah air tidak tertunda.

"Jangan sampai delay, pesawat tetap on schedule, meski kita memang memahami kondisi mengatur penerbangan yang banyak itu tidak mudah," pungkasnya.

Suratman mengakui bahwa sebelum kepulangannya ke tanah air, dirinya bersama rombongan akan singgah di Jeddah selama satu malam sebelum dipulangkan melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Menyambut kedatangan jamaah haji yang transit sekitar 24 jam di Jeddah, telah disiapkan 5 hotel. Dimana dalam waktu 24 jam tersebut jamaah haji Indonesia melakukan city tour atau rekreasi keliling kota Jeddah, waktu transit tersebut juga bisa digunakan untuk belanja mencari oleh-oleh untuk keluarga di tanah air. Sedangkan pemulangan jamaah haji yang melalui Madinah akan dimulai tanggal 16 Desember 2008.(novel)