#UpdateTragediMina2015: KBIH Pastikan 17 Jamaah Haji Indonesia Syahid

tragedi MinaEramuslim.com – Sekretaris Umum Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Persatuan Islam (KBIH Persis) Pusat Irfan Safrudin mengatakan, perkembangan paling akhir, ada 17 jemaah yang meninggal dunia akibat tragedi Mina pada Kamis (24/9) lalu. Irfan mendapat kepastian informasi tersebut langsung dari pembimbing utama jemaah yang berada di Arab Saudi.
“Kami dapat informasi ini langsung dari jemaah yang ada di lokasi. Mereka melaporkan kepada koordinatornya masing-masing,” ujar Irfan, dalam keterangan persnya di Kantor Pusat KBIH Persis, Jalan Perintis Kemerdekaan, Sabtu (26/9).
Irfan menuturkan, laporan tersebut didapat berdasarkan laporan kordinator rombongan yang mengetahui melalui pandangan mata langsung jemaah yang selamat pada saat kejadian.

“Ini laporan dari pembimbing utama, yang mendapat laporan dari koordinator rombongan, atas dasar kesaksian jemaah saat kejadian, mereka melihat” kata Irfan.

Data soal jemaah wafat akibat tragedi Mina KBIH Persis berbeda dengan yang dikeluarkan Kementerian Agama. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan bahwa pihaknya harus akurat dalam memberikan informasi tentang jemaah yang wafat.(rd/fastnewsindonesia)