Tahun 2015, Kementerian Haji Arab Saudi Hanya Keluarkan 1,5 Juta Lebih Visa Bagi Calon Jamaah Haji

hajiEramuslim – Kementerian Haji Arab Saudi mengumumkan bahwa di tahun 2015 ini pihak Kerajaan telah mengeluarkan visa haji sebanyak 1,5 juta lebih bagi calon haji dari dalam maupun luar negeri untuk dapat menunaikan rukun Islam 5.

Dalam pernyataan resmi Kementerian Haji Arab Saudi pada hari Minggu (23/08) kemarin menjelaskan bahwa sebanyak 1.355.000 visa akan diberikan bagi calon haji yang berasal dari luar Arab Saudi, sedangkan untuk calon haji asal Arab Saudi Kerajaan hanya memberikan izin sebanyak 185 ribu visa.

Menurut catatan imigrasi Kerajaan Arab Saudi hingga hari Sabtu (22/08) kemarin jumlah jamaah calon haji yang telah masuk mencapai 99 ribu jamaah, 48 ribu jamaah diantaranya melalui Bandara King Abdul Aziz di kota Jeddah, sedangkan sisanya 51 ribu jamaah tiba melalui Bandar Pangeran Mohammed bin Abdul Aziz di kota Madinah.

Tentunya jumlah di atas akan membludak hingga mencapai 3 juta calon jamaah haji yang akan memadati Padang Arafah pada 9 Dzulhijah mendatang, karena ditambah dengan para muqimin dan penduduk asli kota Mekkah yang tentunya tidak ingin melewatkan ibadah haji.

Pemerintah Indonesia sendiri sudah mulai memberangkatkan calon hajinya sejak 1 pekan lalu, meskipun masih banyak terkendala akibat telat keluarnya visa haji bagi jamaah yang akan ke tanah suci. (Shorouk/Ram)