Info Penting Kompensasi Bagi Keluarga Korban Insiden Jatuhnya Crane Di Masjidil Haram Pada Jum’at Lalu

crane yang jatuhEramuslim – Selasa 15 September 2015, surat kabar www.al-Madina.com.sa mengungkapkan bahwa Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud telah memerintahkan Kerajaan untuk memberikan bantuan kepada para korban yang tewas maupun terluka dalam insiden jatuhnya crane di Masjidil Haram pada hari Jum’at (11/09).

Dalam perintahnya, Raja Salman menegaskan bahwa bantuan ini tidak akan  tidak akan diberikan kecuali kepada mereka yang berhak (dari keluarga korban) setelah melapor kepada bagian khusus yang mengurusi insiden berdarah ini.

Kerajaan Arab Saudi beralasan bahwa kebijakan ini diambil untuk menjaga amanah dan bantuan ini sampai kepada yang benar-benar berhak menerimanya

Perlu diketahui bahwa komite khusus Kerajaan Arab Saudi akan meneliti berkas-berkas yang disampaikan oleh keluarga korban sebelum bantuan tersebut benar-benar diberikan.

Berikut bantuan yang diberikan Kerajaan Arab Saudi kepada keluarga korban tewas maupun korban terluka;

1. Memberikan bantuan sebesar 1.000.000 SR ( kisaran 3.8 M rupiah ) kepada setiap keluarga korban yang wafat pada insiden crane berdarah di Masjidil Haram.

 صرف مبلغ مليون ريال لذوي كل شهيد توفاه ـ الله سبحانه وتعالى ـ في هذه الحادثة

2. Memberikan bantuan sebesar 1.000.000 SR ( kisaran 3.8 M rupiah ) kepada para korban yang cacat seumur hidup.

صرف مبلغ مليون ريال لكل مصاب بإصابة بالغة نتج عنها إعاقة دائمة

3. Memberikan bantuan sebesar 500.000 SR (kisaran 1.9 M rupiah ) kepada setiap korban yang tidak wafat (terluka).

صرف مبلغ ( خمسمائة ألف ريال ) لكل واحد من المصابين الآخرين .

Selain 3 bantuan di atas, Raja Salam juga memerintahkan;

1. Menghajikan 2 orang dari keluarga korban yang wafat sebagai tamu kehormatan kerajaan pada musim haji tahun 1437 H ( tahun depan).

باستضافة اثنين من ذوي كل متوفى من حجاج الخارج ضمن ضيوف خادم الحرمين الشريفين لحج عام 1437 هـ

2. Memberikan kesempatan ulang bagi korban yang tidak bisa melaksanakan haji pada tahun ini untuk berhaji pada musim haji 1437 H mendatang sebagai tamu kehormatan Kerajaan.

مع تمكين من لم تمكنه ظروفه الصحية من المصابين من استكمال مناسك حج هذا العام من معاودة أداء الحج عام 1437 هـ ضمن ضيوف خادم الحرمين الشريفين

3. Memberikan visa kunjungan khusus kepada keluarga korban untuk mengunjungi / merawat korban yang masih dirawat di rumah sakitselama periode yang tersisa dari musim haji tahun ini hingga kembali ke negaranya.

ومنح ذوي المصابين الذين يتطلب الأمر بقاءهم في المستشفيات تأشيرات زيارة خاصة لزيارتهم والاعتناء بهم خلال الفترة المتبقية من موسم حج هذا العام والعودة إلى بلادهم

Selain surat kabar Al Madina, surat kabar harian Al Riyadh dalam pemberitaannya juga membenarkan perintah Raja Salman untuk memberikan bantuan kepada mereka yang menjadi korban dalam insiden berdarah crane di Masjdil Haram. (Almadina/Alriyadh)

Berikut 2 sumber berita tersebut;

http://www.alriyadh.com/1082991

http://www.al-madina.com.sa/node/630976