Pangeran Saudi Umumkan Tutup Semua Pintu Kedatangan Jamaah Haji

padang arafahEramuslim – Selasa 22 September 2015, Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Nayef bin Abdulaziz Al Saud, menyatakan bahwa negaranya telah selesai menerima seluruh calon jamaah haji dari luar negeri yang berjumlah sebanyak 1,4 juta peziarah.

Dalam pernyataan Pangeran Mohammed bin Nayef yang mewakili Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud mengatakan bahwa pihak Kerajaan merasa terhormat telah menjadi pelayan bagi tamu-tamu Allah yang telah tiba ke tanah suci melalui udara, laut dan darat.

Menurut catatan yang didapat Saudi Press Agency dari pihak berwenang Kementerian Haji menyatakan bahwa jumlah total jamaah calhaj asal luar negeri di tahun 1436 Hijriyah sebanyak 1.384.941 jamaah.

Jumlah ini turun 0,4% atau sekitar 5.439 jika dibandingkan dengan periode yang sama di musim haji tahun 1435 Hijriyah kemarin.

Perlu diketahui bahwa proyek perluasan Masjidil Haram sejak 3 tahun lalu memaksa pemerintah Arab Saudi mengurangi 20% kuota jamaah haji dari luar negeri, dan 50% kuota jamaah dari dalam negeri. (Almasryalyoum/Ram)