Hingga Senin Kemarin, 332 Calhaj Wafat Ditanah Suci

haji 2Eramuslim –Kerajaan Arab Saudi mengumumkan bahwa jumlah jamaah calon haji yang wafat di tanah suci hingga hari Senin 21 September kemarin mencapai 332 calhaj dari berbagai negara.

Keterangan ini disampaikan Direktorat Jenderal Keimigrasian Arab Saudi dalam keterangan pers yang digelar kemarin sore, seperti dilansir Saudi Press Agency “SPA”.

Sementara itu mengenai jumlah jamaah calhaj yang telah tiba hingga hari Senin kemarin di tanah suci mencapai 1.377 ribu jamaah, dengan rincian sebanyak 1.327.751 dengan menggunakan transportasi udara, 36.981 dengan transportasi laut, dan 12.923 orang dengan transportasi darat.

Direktorat Jenderal Keimigrasian Arab Saudi juga menerangkan bahwa di tahun 2015 ini pihak Kerajaan telah mengurangi 20% kuota haji dari luar negeri dan 50% dari kuota haji di dalam negeri, akibat masih berlangsungnya pembangunan di komplek Masjidil Haram.

Tercatat hingga kini sudah ada 4 musibah yang melanda dua kota suci sepanjang perjalanan musim haji tahun ini, salah satunya adalah insiden crane yang jatuh pada 12 September lalu dan menewaskan 108 jamaah calhaj dan melukai 238 lainnya. (Rassd/Ram)