Fakta-Fakta Mengenai Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1436 Hijriyah

tawafEramuslim – Pemerintah Arab Saudi mengumumkan Selasa 22 September 2015 adalah hari dimulainya puncak ritual ibadah haji tahun 1436 Hijriyah, dengan diawali mabit di Mina bagi calhaj sebelum menunaikan ibadah wukuf di Padang Arafah.

Akan tetapi tahukah kita dengan sejumlah fakta-fakta menarik dalam penyelenggaraan ibadah haji di kurun waktu 10 tahun terakhir? Berikut sejumlah fakta yang dikumpulkan redaksi Al Masry Al Youm mengenai pelaksanaan ibadah haji;

1. Jumlah total umat Islam yang menunaikan ibadah haji dalam waktu 10 tahun terakhir berjumlah 24,8 juta Muslim, dengan tahun 2013 sebagai tahun terbanyak kota suci menerima 3,6 juta Hujaj Baitullah.

2. Indonesia menjadi negara Muslim terbesar di dunia dengan mengirim 168 ribu lebih jamaah haji ke Arab Saudi.

3. 80% para peziarah dari luar negeri tergabung dalam penyelenggaraan ibadah haji yang dikelola oleh pemerintah, sedangkan untuk para haji yang berasal dari Arab Saudi 20% dikelola oleh pihak swasta.

4. Kerajaan Arab Saudi mengerahkan 100 ribu personel keamanan untuk menjaga keamanan dalam penyelenggaraan musim haji tahun 1436 Hijriyah.

5. Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengerahkan 25 ribu tenaga medis, 5.000 ranjang perawatan, 500 Intensive Care, serta delapan rumah sakit lapangan.

6. Kerajaan Arab Saudi memasang 12 layar raksasa baru di luar Masjidil Haram untuk memudahkan informasi bagi para jamaah dengan siaran sejumlah bahasa.

7. Telah terjadi 4 musibah yang melanda kota Makkah sebelum puncak pelaksanaan ibadah haji pada hari Rabu ini, dengan korban jiwa mencapai 332 calhaj.

8. Perluasan yang telah dimulai tahun 2013 lalu akan menambah luas Masjdil Haram sebanyak 400 ribu meter persegi atau setara dengan 50 lapangan sepak bola, dan mampu menampung 2,2 juta jamaah haji atau umroh. (Almasryalyoum/Ram)