Taliba Kutuk Serangan Udara Militer Pakistan Ke Wilayah Sipil

puing rumahPuluhan pejuang taliban tewas setelah sebuah jet tempur Pakistan melancarkan serangan udara terhadap sebuah tempat yang diduga persembunyian militan Taliban di Waziristan Utara, Pakistan pada Selasa (21/01).

Pejabat militer Pakistan mengatakan bahwa serangan udara menargetkan tempat persembunyian militan Taliban di Waziristan Utara , dekat perbatasan dengan Afghanistan.

Sumber militer mengatakan bahwa sedikitnya 40 orang milisi Taliban tewas dalam serangan tersebut, akan tetapi sumber milisi Taliban menyatakan korban tewas diperkirakan antara 15-27 orang, termasuk satu warga sipil tewas.

Ini adalah serangan pertama yang dilakukan oleh Angkatan Udara Pakistan sejak perjanjian gencatan senjata antara pemerintah dengan milisi Taliban pada tahun 2007. Juru bicara Taliban Shahidullah Shahid menyebut tindakan militer Pakistan ini sebagai perbuatan pengecut dan mengancam akan melakukan serangan balasan di ibukota Pakistan, Islamabad.

Serangan udara militer Pakistan ini sebagai tanggapan atas dua serangan yang menargetkan konvoi militer di Waziristan utara yang menewaskan 26 pasukan paramiliter pada hari Minggu (19/01), dan barak tentara di Rawalpindi dekat Islamabad pada Senin (20/01) kemarin yang menewaskan 13 orang.  (Aljazeera/Ram)