Takut Diadili, Perdana Menteri Israel Desak Pengadilan Kriminal Internasional Tolak Keanggotaan Palestina

netanyahuPerdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mendesak Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) untuk menolak permintaan Palestina bergabung dengan mereka, dalam sebuah pertemuan di markas Kementerian Pertahanan di ibukota Tel Aviv hari Kamis (01/01).

Dalam pernyataan tersebut Netanyahu mengatakan “kami berharap Pengadilan Kriminal Internasional dengan tegas menolak permintaan Palestina untuk bergabung dengan mereka. Karena Palestina bukanlah sebuah negara, akan tetapi entitas yang berkerjasama dengan organisasi teroris Hamas.”

Netanyahu mengklaim bahwa tentara mereka adalah pasukan yang memiliki moral dan taat dengan semua hukum internasional, seraya menegaskan “kami akan melindungi tentara kami sebagaimana mereka melindungi kita.”

Sebelumnya pada Rabu (31/12) malam, Presiden Mahmoud Abbas mengajukan permintaan untuk bergabung dengan Pengadilan Kriminal Internasional di Den Haag, setelah Amerika Serikat menggunakan hak vetonya menolak rancangan resolusi perdamaian Palestina yang diajukan ke DK PBB.

Nantinya jika telah bergabung dalam anggota Pengadilan Kriminal Internasional, Palestina berhak mengajukan pejabat Israel ke depan keadilan internasional atas kejahatan perang dan kemanusian di Jalur Gaza dan Tepi Barat. (Alarabiya/Ram