Tak Disorot Media, Pemakaman Bos Wagner Prigozhin Dilakukan Tertutup

Pemakaman Bos Wagner Prigozhin

Eramuslim.com – Bos kelompok tentara bayaran Rusia Yevgeny Prigozhin dimakamkan secara diam-diam di sebuah pemakaman di pinggiran Sankt Peterburg pada hari Selasa, enam hari setelah kematiannya dalam sebuah kecelakaan pesawat yang tidak dapat dijelaskan.

Pemakaman ini berlangsung jauh dari sorotan media dan sangat kontras dengan gaya publikasi yang berani dan menonjol khas Prigozhin yang membuatnya terkenal di luar Rusia.

Foto-foto yang dipublikasikan di media sosial menunjukkan batu nisan granit gelap Prigozhin dikelilingi oleh lautan bunga, sebagian besar mawar merah, di pemakaman yang terletak di tepi timur laut kota kelahirannya.

Kerahasiaan menyelimuti pemakaman bos tentara bayaran Wagner yang terbunuh dalam kecelakaan pesawat pada 23 Agustus, dua bulan setelah melakukan pemberontakan terhadap kepemimpinan Presiden Vladimir Putin sejak ia naik ke tampuk kekuasaan pada 1999.

Ini berarti acara tersebut tidak dapat diubah menjadi pertunjukan publik berskala besar untuk menunjukkan dukungan bagi Prigozhin, seorang tokoh brutal yang tetap dikagumi oleh beberapa orang di Rusia karena telah mengerahkan para pejuangnya ke dalam pertempuran paling sengit dalam perang di Ukraina dan berbicara secara terbuka tentang kekurangan militer Rusia dan kepemimpinannya.

Dalam beberapa hari terakhir, para pengagumnya telah menumpuk bunga di kuil-kuil sementara untuk Prigozhin di Moskow, Sankt Peterburg, dan tempat-tempat lain.

Kremlin telah menolak sebagai “kebohongan mutlak” kabar bahwa Putin memerintahkan kematiannya sebagai balas dendam atas pemberontakan pada bulan Juni. Sebelumnya, Kremlin mengatakan pada hari Selasa bahwa presiden tidak akan menghadiri pemakaman tersebut.

Dua tokoh penting Wagner lainnya, empat pengawal Prigozhin dan tiga awak pesawat juga tewas ketika pesawat jet pribadinya, Embraer Legacy 600, jatuh di utara Moskow.

Masih belum jelas apa yang menyebabkan pesawat tersebut jatuh, namun penduduk desa di dekat lokasi kejadian mengatakan kepada Reuters bahwa mereka mendengar suara dentuman dan kemudian melihat jet tersebut jatuh ke tanah.

Sebelumnya, bos tentara bayaran Wagner Group, Yevgeny Prigozhin, secara resmi telah dikonfirmasi tewas setelah analisis genetik, kata para penyelidik.

“Pemeriksaan genetika molekuler telah selesai dilakukan sebagai bagian dari investigasi kecelakaan pesawat di wilayah Tver,” kata Svetlana Petrenko, juru bicara Komite Investigasi Rusia pada hari Ahad.

(Hidayatullah)

Beri Komentar