Tahukah Anda Berapa Warga Muslim Yang Duduk Di Parlemen Inggris ?

house of commonsEramuslim.com – Jumlah perolehan perwakilan Muslim di House of Commons kembali meningkat sebanyak 60 persen lebih, setelah pada pengumuman 7 Mei lalu Komite Pemilihan Umum mengumumkan sebanyak 13 perwakilan umat Muslim berhasil duduk di Parlemen Inggris.

Dari 13 perwakilan tersebut, 9 orang diantaranya berasal dari Partai Buruh Inggris, 3 orang berasal dari Partai Konservatif, dan seorang dari Partai Nasional Skotlandia, dengan 8 orang diantaranya adalah wanita.

Tercatat pada pemilu Parlemen tahun 2010 lalu Muslim Inggris hanya mengirimkan 8 orang perwakilannya untuk duduk di House of Commons.

Sementara itu editor Majalan bulanan Muslim News, Ahmad Wasiri, mengatakan, “Jumlah perwakilan Muslim Inggris pada pemilu kali ini tertinggi dalam sejarah Inggris. Akan tetapi kita tidak bisa mengatakan bahwa 13 orang tersebut akan mewakili semua komunitas Muslim di negara ini.”

Perlu diketahui bahwa jumlah komunitas Muslim di Inggris di awal 2015 berjumlah sekitar 2.000.800 ribu Muslimin, atau sekitar 4,4% dari populasi seluruh warga Inggris. (Almasryalyoum/Ram)