Tahukah Anda Bahwa 14% Penduduk Jordania Adalah Warga Suriah

pengungsi suriahDalam laporan Badan Statistik terbaru yang dikeluarkan pemerintah Yordania mencatat bahwa ada sekitar 9,9 juta warga dan sekitar 14% diantaranya merupakan penduduk Suriah yang mendiami seluruh wilayah Jordan.

Menteri Urusan Politik dan Parlemen Khaled Khaladah mengatakan bahwa jumlah pengungsi Suriah yang mendiami Yordania adalah angka akurat yang dapat dipertanggung jawabkan oleh para ahli.

“Akibat terus bertambahnya jumlah pengungsi Suriah kini kami menghadapi posisi sulit ditengah semakin langkanya sumber daya alam di Jordania,” ungkap Khaled Khaladah.

Dalam survei pada bulan Maret kemarin menyatakan bahwa ada 7,3 juta warga asli Yordania dan sekitar 2,6 juta warga asing yang tinggal di wilayah Kerajaan.

Menurutnya ada sekitar 1,3 juta warga Suriah yang kini mengungsi di Jordan, jumlah ini belum ditambah dengan 450 ribu warga Suriah yang masuk secara ilegal.

PBB berharap pemerintah Yordania untuk segera membuka sebuah kamp pengungsian baru bagai para pengungsi di Provinsi Ramtha dan sejumlah wilayah perbatasan dengan provinsi Daraa (sebelah selatan Suriah). (Aljazeera/Ram)