Swedia Lebih Membela Palestina, Netanyahu Dongkol

netanyahu cemas 2Eramuslim.com – Hubungan Swedia dan Israel memburuk setelah Menteri Luar Negeri Swedia menuding Zionis telah melakukan pembunuhan melanggar hukum.

“Saya mengecam pernyataan skandal tersebut yang dibuat Menteri Luar Negeri Swedia,” ujar Netanyahu dalam pernyataannya. “Sepertinya ia berharap warga Israel akan menyerahkan lehernya kepada mereka yang ingin menikam. Hal ini tidak akan terjadi.”

Pada Ahad, Netanyahu telah berbicara dengan Perdana Menteri Swedia Stefan Lofven untuk menyampaikan kecamannya atas pernyataan Menlu Wallstrom.

Komentar keras Wallstrom disampaikan pada Jumat pekan lalu di hadapan anggota dewan. Ia menyayangkan gelombang serangan yang dilancarkan warga Palestina. Namun ia menganggap balasan yang dilakukan Israel terlalu berlebihan.

“Responsnya seharusnya tidak sampai seperti itu, dan ini apa yang saya sebut situasi di mana respons sehingga menyebabkan eksekusi di luar hukum atau tidak tepat,” ujarnya.

Namun, menurut Lofven pernyatan Wallstrom telah disalah artikan.   Hubungan Swedia dan Israel memang canggung setelah partai Sosiali Demokrat mengakui Negara Palestina tahun lalu.(ts/ROL)