Susul Inggris dan Swedia, Parlemen Perancis Serukan Pemerintah Akui Negara Palestina

parlemen perancisLangkah Palestina untuk di akui menjadi negara merdeka dan beradulat semakin terbuka lebar, setelah mayoritas anggota parlemen Perancis menyatakan dukungan mereka atas resolusi pengakuan negara Palestina, dalam pemungutan suara yang digelar Parlemen pada Selasa (02/12).

Dalam rancangan resolusi yang tidak mengikat tersebut, Parlemen Perancis menyerukan pemerintah untuk mengakui negara Palestina sebagai langkah untuk menyelesaikan konflik dengan Israel.

Rancangan resolusi ini sendiri digagas oleh Partai Sosialis Perancis, serta mendapat dukungan luas dari partai-partai kiri dan konservatif.

Sebelumnya pada akhir November lalu, Menlu Laurent Fabius mengatakan bahwa negaranya akan mengakui Palestina jika dalam kurun waktu 2 tahun belum ada titik temu dalam penyelesaian konflik Israel-Palestina.

Perlu diketahui bahwa selain Perancis, terdapat sejumlah parlemen di negara eropa telah mengeluarkan resolusi tidak mengikat terhadap pemerintah untuk mau mengakui negara Palestina, diantaranya adalah Inggris, Spanyol, Irlandia dan Swedia. (Rassd/Ram)