Surat Kabar Elektronik Perancis Tuding Motif Mesir Dalam Konflik Di Yaman Adalah Uang

dolarEramuslim – Sebuah surat kabar berbasis laman elektronik asal Perancis “World Crunch” mengungkapkan bahwa motif ikut sertanya Mesir dalam koalisi regional Arab di Yaman adalah untuk mendapatkan aliran dana miliaran dolar AS dari negara-negara kaya Teluk.

Dalam terbitan artikelnya pada hari Kamis (27/08) World Crunch menyatakan, “Presiden kudeta Abdel Fattah Sisi mengungkapkan bahwa mereka akan ikut serta dalam operasi koalisi regional Arab, baik di darat maupun di udara.”

World Crunch melanjutkan, “Akan tetapi hingga saat ini tidak ada pengumuman resmi dari negara tersebut mengenai keikut sertaan Mesid dalam konflik di Yaman,”

Perlu di ingat bahwa pada awal bulan Agustus ini Dewan Pertahanan Nasional Mesir setuju untuk memperpanjang keterlibatan mereka di Yaman selama enam bulan, tanpa menjelaskan keterlibatan apa yang dimaksud.

Menurut situs berita elektronik Perancis memprediksi bahwa pada dasarnya Mesir tidak memiliki motif dan kepentingan dalam perang hegemoni antara Arab Saudi dan Syiah Iran. Akan tetapi miliaran dana dari Teluk mungkin menjadi pemicu bagi para pemimpin militer yang haus akan uang dan kekuasaan. (Rassd/Ram)