Surat Kabar Amerika Ungkap Rencana Trio Timur Tengah Gulingkan Bashar Al Assad

bashar assadEramuslim.co – Web berita online The Huffington Post mengungkapkan adanya perjanjian rahasia antara Kerajaan Arab Saudi-Turki-Qatar untuk membentuk aliansi militer menggulingkan Presiden Suriah Bashar al-Assad dengan membantu dan memodernisasi pejuang Suriah.

Dalam keterangannya kepada The Huffington Post, seorang sumber yang dekat dengan pemerintahan Obama mengatakan, “Sangat mungkin Turki akan menyediakan pasukan darat yang didukung oleh Arab Saudi dengan serangan udara di Suriah.”

Sementara sumber lainnya yang tidak mau disebutkan namanya menjelaskan bahwa Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad telah membicarakan hal ini dengan Presiden AS Barack Obama dalam kunjungannya ke Gedung Putih pada Februari lalu.

Dan sumber ketiga menyatakan bahwa Arab Saudi-Turki-Qatar akan tetap melancarkan operasinya menggulingkan Bashar Al Assad, baik Amerika Serikat mendukung hal tersebut ataupun tidak.

Perlu diketahui bahwa Arab Saudi kini sedang membantu pemerintah Presiden Abed Rabbo Mansur Hadi untuk menghabisi pemberontak Syiah Houthi yang berhasil merebut ibukota dan mengusai sejumlah kota penting Yaman, sedangkan Turki sendiri kini sibuk mempersiapkan pelatihan pejuang moderat Suriah yang rencananya dimulai pada awal bulan Mei mendatang. (Almasryalyoum/Ram)