Sunday Times; Cegah Dominasi Iran, Saudi Beli Persenjataan Nuklir Dari Pakistan

bomXnuklirEramuslim – Seorang sumber resmi asal Amerika Serikat mengungkapkan bahwa pemerintah Riyadh berencana akan membeli senjata nuklir dari Pakistan, menanggapi kesepakatan nuklir antara pemerintahan Teheran dengan negara 5+1.

Seperti dilansir surat kabar Sunday Times Inggris dari sumber yang tidak mau disebutkan namanya menyatakan bahwa keputusan Saudi ini didasari kemarahan negara-negara Arab atas kesepakatan nuklir Iran dengan negara 5+1, yang didukung oleh Presiden Barack Obama.

Sumber tersebut menjelaskan negara-negara Teluk khawatir bahwa program nuklir Iran yang disetujui oleh DK PBB hanya akan menunda pemerintah Teheran untuk memiliki senjata nuklir, dan bukan untuk menghentikannya.

Sementara itu surat kabar Daily Telegraph mengungkapkan bahwa sejak tahun 2013 lalu pemerintah Riyadh telah memulai upaya mereka untuk membangun instalasi nuklir Pakistan di wilayah mereka secara rahasia, dengan imbalan minyak Saudi senilai miliaran dolar AS.

Dalam laporannya Daily Telegraph menyebutkan bahwa Arab Saudi telah mendirikan pangkalan rahasia untuk peluncuran roket dari tanah dengan kemampuan jelajah hingga ke Israel dan Iran. (Dostor/Ram)