Suku Lokal Irak Ancam Tarik Dukungan Dari Pasukan Pemerintah

pejuang suku irak 1Eramuslim – Presiden Dewan provinsi Anbar menyatakan akan menarik diri dari perang bersama melawan organisasi Negara Islam, jika pemerintah Baghdad tidak bersedia untuk mempersenjatai dan melatih 10 ribu pejuang suku Irak.

Dalam pernyataannya hari Kamis (04/06) kemarin, Dewan provinsi Anbar mengatakan, “Kami siap mendukung pemerintah dalam perang melawan milisi Negara Islam, jika pemerintah pusat bersedia mempersenjatai dan melatih para pejuang suku-suku local Irak.”

Dewan provinsi Anbar menambahkan, “Kami menginginkan senjata menengah dan berat dari pemerintah Baghdad untuk para pejuang kami. Senjata-senjata ini sepandan dengan yang dimiliki milisi Negara Islam saat ini.”

Tercatat baru 5 ribu dari 10 ribu pejuang suku lokal Irak yang menerima pelatihan bertempur dari pemerintah Baghdad, dan mereka sama sekali belum mendapat bantuan persenjataan dari pemerintah.

Keputusan mendukung pasukan pemerintah diambil pejuang suku lokal Irak setelah milisi Negara Islam menutup bendungan Ramadi sejak hari Selasa (02/06)kemarin, yang dapat menyebabkan krisis air bersih melanda wilayah timur kota Ramadi. (Rassd/Ram)